Damkar Konawe Bentuk Relawan Kebakaran

waktu baca 1 menit
Relawan pemadam kebakaran (Redkar)

TRIASPOLITIKA.ID : KONAWE – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Satpol PP Konawe bentuk relawan pemadam kebakaran atau Redkar.

Redkar merupakan wadah yang berisi berbagai elemen masyarakat dalam membantu tugas pemadam kebakaran seperti memberikan informasi kejadian, langkah awal penanggulangan bencana kebakaran dan pemetaan lokasi kebakaran.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Dinas Satpol-PP & Damkar Konawe, Puguh Sudarijono, mengatakan pihaknya telah membentuk lima Redkar Kecamatan antaranya, Kecamatan Padangguni, Abuki, Latoma, Pondidaha dan Amonggedo.

“Sebenarnya seluruh Kecamatan di Kabupaten Konawe, tapi untuk tahun ini kita targetkan 10 Redkar dan baru 5 yang telah di bentuk, ” kata Puguh.

Rencananya Redkar ini akan di tempatkan di masing-masing Desa dalam satu Kecamatan dan dalam satu regu terdiri dari enam orang.

Lanjut Puguh, sebelum menjadi anggota Redkar, mereka akan di edukasi terlebih dahulu untuk menambah wawasan seputar penanganan bencana kebakaran, baik itu penanganan awal hingga assesment lokasi kejadian guna meminimalisir dampak yang di timbulkan.

“Redkar ini akan diberikan pelatihan khusus secara bertahap serta diberikan alat pemadam kebakaran ringan sebagai upaya penanganan awal,” tandasnya

error: Content is protected !!