oleh

Calon Penumpang Kapal di Muna Wajib di Vaksinasi

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Guna mempercepat program Herd immunity atau Kekebalan kelompok, Pemerintah Daerah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara mewajibkan para penumpang yang hendak menggunakan jasa penyebrangan untuk melakukan vaksinasi di Dermaga Nusantara Raha.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Muna, Dahlan Kalega mengatakan, langkah pemerintah saat ini yaitu mewajibkan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona ditengah pemberlakukan PPKM oleh pemerintah. Kata Dahlan, penerapan tersebut juga mengacu pada surat edaran Bupati Muna Nomor 443 tahun 2021.

“Saat ini kita menyasar penumpang yang keluar daerah, kita juga memastikan penumpang harus mengikuti vaksinasi yang telah disediakan di berbagai tempat. Siapa saja yang ingin vaksin, bisa datang ke tempat tersebut-tempat yang disediakan seperti dermaga,” kata Dahlan, Senin (22/11/2021).

Dikatakan Dahlan, Vaksinasi terhadap penumpang, dilaksanakan di empat titik yakni, Pelabuhan Nusantara Raha, Lagasa, Tampo dan Pelabuhan Rakyat Laino.

Vaksi dimulai pada tanggal 20 hingga 27 November 2021. Sedangkan waktu pelaksanaan vaksin dimulain pada pukul 06.30 Wita hingga pukul 22.30 Wita.

“Setelah penutupan nanti, kita tinjau kembali. Kalau masih memungkinkan, kita akan meminta petunjuk kepada Bupati Muna selaku Ketua gugus tugas,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, vaksinasi dilakukan guna mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 serta melindungi diri terpaparnya virus tersebut. “Kita terget sampai Desember 2021 mencapai target, yaitu 80 persen,” imbuhnya.

Vaksin terpadu RSUD Muna kata dia, dipimpin langsung oleh ketua Gugus Tugas Kabupaten Muna, Dinas Kesehatan, Kodim 1416, Polres Muna, Dinas Perhubungan serta beberapa tim tugas Covid-19 lainnya.

Reporter: Bensar Sulawesi

Komentar

BERITA PILIHAN