Calon Kades Tidak Wajib Berdomisili di Desa Pemilihan

waktu baca 1 menit
Kadis DPMD Konawe, Keny Yuga Permana

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 168 desa tahun ini. Rencananya pemilihan di gelar pada bulan september.

Petunjuk teknis (juknis) tahapan pelaksanaan pilkades pun sudah ditandatangani Bupati Konawe melalui Peraturan Bupati (Perbup) Konawe nomor 43 tahun 2022.

Dalam perbup tersebut, salah satu pasalnya di sebutkan setiap warga berkesempatan mencalonkan diri termaksud bakal calon dari luar desa namun tidak memiliki hak sebagai wajib pilih.

” Tidak ada persyaratan harus berapa lama berdomisili bagi cakades yang tidak tinggal di desa pemilihan karena di Perbup dijelaskan bisa mencalonkan tapi tidak bisa memilih,” ungkap Kepala Dinas DPMD Konawe Keny Yuga Permana.

Kepala DPMD ini menambahkan, bagi pendatang di desa pemilihan juga berkesempatan menggunakan hak pilihnya akan tetapi dengan syarat harus berdomisili selama enam bulan.

” Harus di buktikan dengan surat kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Konawe. Minimal enam bulan sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pilkades,” terang Keny.

Hal itu juga, menurut Keny untuk mencegah terjadinya mobilisasi warga untuk memenangkan pasangan calon lain dalam pilkades mendatang.

” Kita harapkan aturan ini berjalan sesuai harapan agar tidak terjadi gesekan atau konflik pada saat hari pemilihan,” harap Keny Yuga Permana.

Utha
Reporter
error: Content is protected !!