Bupati Muna Minta Tenun Maslili Dipromosi Hingga Mendunia

waktu baca 3 menit
Bupati Muna LM Rusman Emba dan Yanti Setiawati Rusman

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Tenun Masalili asal Kabupaten Muna memang sudah masuk pasaran regional, nasional bahan dunia.

Agar Tenun Masalili kian digemari dan bisa merajai pasaran dalam daerah bahkan nasional dan dunia, Dekaransada Kabupaten Muna menggelar even akbar yaitu Fashion Show Tenun Masalili dengan Tema Hidden Beauty.

Kegiatan ini digelar selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu tanggal 18 sd 19 Desember 2021 dan berlangsung di GOR La Ode Pandu Raha. Bupati Muna Ir LM Rusman Emba ST MM meminta agar promosi Tenun Masalili makin genjar dilakukan.

“Kegiatan promosi Tenun Masalili melalui Fashion Show seperti ini sungguh luar biasa. Apalagi temanya Hidden Beauty, artinya ada kecantikan yang tersembunyi. Itu harus kira tampilkan,” ujar Bupati Muna, Ir LM Rusman Emba.

Rusman mengatakan, masyarakat muna harus dapat memunculkan bakat seni dan budaya.

“Tenun Masalili ini sudah mendunia dan harus terus kita kembangkan,” tutur Bupati Muna ini usai melantik pengurus Dekranasda Muna periode 2021-2026.

Bupati Muna ini juga menekankan agar karya karya seni yang membanggakan harus diangkat dan dipromosikan. Selain Tenun Masalili, Rusman juga minta agar seni tari di Muna juga terus dikembangkan.

“Coba untuk seni tari jangan cume Ewa Muna yang selalu ditampilkan kalau ada tamu tamu. Coba tampilkan tarian lain yang lebih lembut agar tamu tamu tidak bosan,” pinta mantan Ketua DPRD Provinsi Sultra ini.

Sementara itu Ketua Dekranasda Muna Yanti Setiawati SE MSi pada koran ini mengatakan even Fashion Show ini adalah agenda rutin tiap tahun.

Namun baru tahun ini katanya even promosi Tenun Masalili ini bisa digelar kembali karena tahun lalu masih pandemik covid 19.

“Kita kembali mengangkat Tenun Masalili untuk ditampilkan. Alhamdulilah, masyarakat antusias mengikuti even ini. Mulai dari TK,SD, SMP dan SMA,” ujar Ketua Dekranasda Muna Yanti Setiawati.

Tahun ini kata dia, Dejranasda bakal menggelar fashion show bagi para OPD dan istri, camat dan istri. Bahkan Bupati Muna dan Pak Wakil juga akan tampil dalam fashion show ini.

Tujuan fashion show ini kata Yanti agar kita lebih mencintai produk kerajinan tenun kita sendiri dan mempromosikanya.

“Kemudian perekonomian para pengerajin kita juga terus meningkat karena daya beli masyarakat terhadap Tenun Masili sangat tinggi saat ini baik datang dari masyarakat lokal (Muna red), Sultra bahkan dari.luar Sultra,” jelas Ketua Dekranasda Muna ini periode 2021-2026 ini.

Diketahui, pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Muna tahun 2021-2026 dilakukan oleh Bupati Muna Ir LM Rusman MM. Hadir pula Wakil Bupati Muna Drs H Bachrun MSi, para kepala OPD lingkup Pemda Muna dan undangan lainnya digelar di GOR La Ode Pandu Sabtu(18/12).

Reporter: Bensar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!