Bupati Mubar Terbitkan Surat Edaran, ASN Diminta Terapkan Pola Hidup Sederhana

waktu baca 2 menit
Pj. Bupati Mubar, Dr. Bahri

MUBAR, TRIASPILITIKA.ID – Pemerintah daerah Muna Barat (Mubar) melalui Penjabat Bupati Dr. Bahri menerbitkan Surat Edaran (SE) dengan nomor 800.1.6.1/6 / 2023 tentang penerapan pola hidup sederhana bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab setempat.

Surat Edaran tersebut menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia pada sidang Kabinet Paripurna tanggal 2 Maret 2023 SE Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 800/1916/SJ, 31 Maret 2023 tentang Penerapan Pola Hidup Sederhana Bagi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah dan dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik terhadap Pemerintah Daerah, serta mendorong tercapainya reformasi birokrasi guna meningkatkan pelayanan publik yang efektif dan akuntabel.

Dalam Surat Edaran Mendagri tersebut menyampaikan hal-hal terkait Peraturan Pemerintah nomor 42 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil. Selain itu, Peraturan Pemerintah nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS.

Dalam Surat Edaran Bupati Mubar dengan nomor 800.1.6.1/6 / 2023 tersebut seluruh ASN dihimbau untuk lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial antara lain tidak mengunggah foto yang menunjukan pola hidup mewah.

Selain itu, ASN dan keluarga menerapkan pola hidup sederhana dimanapun berada dalam kehidupan bermasyarakat dengan mematuhi norma hukum, kepatutan dan kepantasan.

Terhadap ASN yang masih memiliki sifat dan perilaku jemawa pamer kekuasaan dan mempergunakan uang secara berlebihan dan tidak pada tempatnya (hedonis) akan dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Laporan : Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!