oleh

Bupati Konut Buka Workshop Sosialisasi dan Informasi Sistem Pencatatan dan Pelaporan Bagi PLKB

KONUT, TP – Pjs Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) Yusuf Mundu, menghadiri kegiatan Workshop sosialisasi dan informasi sistem pencatatan dan pelaporan bagi petugas lapangan (PLKB), PPKBD dan Mitra kerja dalam pelayanan KB gratis serta pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak di masa pandemi, yang di gelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Konut.

Kegiatan Workshop tersebut di laksanakan di Aula Graha Kencana Konasara dan di buka langsung oleh Pjs Bupati Konawe Utara Yusuf Mundu, di hadiri oleh Perwakilan Kepala BKKBN Sultra Mustakin, Kepala OPD, dan seluruh penyuluh KB, PPKBD yang tersebar di 13 kecamatan di wilayah itu.

Dalam sambutannya Yusuf Mundu mengatakan, jika Pemerintah Daerah Konawe Utara, melihat program kependudukan dalam pembangunan keluarga berencana. Merupakan indikator penting, dalam meletakkan dasar yang kuat, untuk menjaga dan menjawab tantangan dalam pembangunan sumber daya manusia.

“Program Kependudukan dan Keluarga Berencana, merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membentuk SDM yang tangguh. Demi mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan berkualitas, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Konawe Utara,” kata Pjs Bupati Konut, Yusuf Mundu Selasa (21/10/2020).

Menurutnya, suksesnya program kependudukan dan keluarga berencana tidak terlepas dari dukungan dari pemerintah daerah, partisipasi dari berbagai pihak, serta peran seluruh kader penyuluh KB dan lapisan masyarakat yang turut serta menyukseskan program yang telah di canangkan oleh pemerintah daerah.

Sehingga, kami berharap melalui kegiatan Workshop ini. Pelaksanaan pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Konawe Utara dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kepala DPPKB Konut Kasim Pagala mengatakan, workshop pencatatan dan pelaporan tersebut merupakan salah satu hal yang penting, dalam melaksanakan seluruh kegiatan di Dinas Pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Menurutnya, apapun yang dikerjakan tanpa pencatatan dan pelaporan yang baik, maka program tersebut akan sia sia. Terlebih lagi, saat ini sudah menggunakan sistem online, jadi semua data langsung terkoneksi di BKKBN Pusat sehingga pencapaian program di DPPKB Konut sudah di pantau oleh pusat.

“Alhamdulillah, dengan kerja yang maksimal semua PLKB dan kader di lapangan yang tersebar di 13 kecamatan, saat ini laporan pencatatan dan pelaporan bulan Oktober sudah mencapai 80 persen,” ujar Kadis DPPKB Konut Kasim Pagala di Aula Graha Kencana Konasara.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika pencapaian tersebut tidak terlepas dari dukungan semua stakeholder, dan kerja yang maksimal dari seluruh petugas lapangan.

Reporter: Ipin

Komentar

HUKUM KRIMINAL