Bupati Konawe Buka Peningkatan Kapasitas Desa di SPN Anggotoa Polda Sultra

waktu baca 2 menit

TRIASPOLITIKA.ID : KONAWE – Sebanyak 161 Kepala Desa yang baru di lantik pasca pemilihan kepala desa serentak Konawe ikuti kegiatan peningkatan kapasitas kepada Kepala Desa.

Kegiatan tersebut di laksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa, Polisi Daerah (Polda), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada rabu 01/02/2023.

Kegiatan itu di buka langsung Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan turut di hadiri sekretaris daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan, wakil kapolres (wakapolres) Konawe, Kompol Alwi, kepala SPN Anggotoa Kombes Pol. Jemi Junaidi dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe.

Bupati Konawe saat membuka kegiatan menyampikan, tujuan kegiatan peningkatan kapasitas kepala desa ini untuk menciptakan pemimpin yang handa, profesional, inovatif dan produktif serta mampu membangun dan membina desa dengan penuh tanggung jawab.

” Pemimpin harus memiliki kemampuan itu, untuk memiliki itu maka harus dilakukan kegiatan peningkatan kapasitas kepala desa, ” Kata Kery Saiful Konggoasa saat membuka kegiatan.

Bupati dua periode ini menambahkan, para kepala desa juga harus memiliki kemampuan mengelola keuangan yang baik, serta memahami regulasi terkait penggunaan anggaran desa.

” Penggunaan anggaran dana desa harus sesuai dengan regulasi kalau tidak bisa berakhir di jeruji besi, ” Terang Kery.

Ia juga menambahkan, agar para kepala desa dapat memahami penggunaan teknologi sebab menurut dia, hal itu bisa membantu kerja kepala desa.

” Kemampuan menguasai teknologi juga perlu di miliki para kepala desa, karena zaman digital saat ini, hampir semua di lakukan menggunakan teknologi digital, termaksud sistem pelaporan keuangan, ” Sambungnya.

Peningkatan kapasitas kepala desa ini di rencanakan berlangsung selama 3 hari kedepan, mereka akan di latih karakter, mental dan wawasan kenegaraan oleh pelatih dari SPN.

Sebelumnya, bupati Konawe Kery Saiful Koggoasa pernah berjanji saat pelantikan kepala desa serentak untuk melatih mental para kepala desa di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggota Polda Sultra dan hal tersebut di buktikannya.

error: Content is protected !!