Bupati Buton Diganjar Dua Penghargaan Penanganan Stunting dan Pembangunan Daerah

waktu baca 3 menit
Bupati Buton Diganjar Dua Penghargaan Penanganan Stunting dan Pembangunan Daerah

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Penjabat Bupati Buton Drs Basiran M.Si menerima dua penghargaan sekaligus dari Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

Kedua penghargaan tersebut yaitu terbaik II atas kinerja kabupaten dalam pelaksanaan aksi konvergensi upaya percepatan penurunan stunting terintegrasi tahun 2022 dan penghargaan pembangunan daerah tahun 2023 terbaik III kategori perencanaan dan pencapaian daerah tingkat kabupaten/kota.

Kedua penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sultra H Ali Mazi SH secara bersamaan. Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Sultra dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Kota Baubau, Senin (20/3/2023).

Penghargaan penanganan Stunting diterima Langsung oleh PJ Bupati Buton Drs Basiran MSi sedangkan Penghargaan Pembangunan Daerah diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten Buton Ahmad Mulia.

“Awards ini adalah kerja keras kita semua. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh organisasi perangkatb daerah hingga ASN se-Kabupaten Buton yang telah memberikan terbaik, sehingga Kabupaten Buton mendapatkan apresiasi dari bapak Gubernur Sultra sebagai terbaik III Pembangunan daerah dan terbaik II penangannan stunting,” ujar PJ Bupati Buton usai menerima Awards dalam pesan singkatnya.

Pj. Bupati Buton, dalam aksi penurunan percepatan dan penanganan stunting di Kabupaten Buton telah membuat terobosan di antaranya Bergerak Bersama, Buton Sehat bebas Stunting, dengan membentuk orang tua asuh bagi balita stunting di kabupaten Buton.

Forkopimda dilibatkan termasuk semua pejabat baik sturuktural, fungsional, Pemkab Buton maupun pejabat di Lembaga vertical, pihak perbankan, Pengusaha, tokoh masyarakat, agama dijadikan orang tua untuk bergerak bersama menangani stunting di Kabupaten Buton.

Selain itu, Pj. Bupati Buton menghimbau dan memerintahkan para Camat Kades dan Lurah bersama TP PKK dan Dharma Wanita berkalaborasi dengan tenaga medis setempat untuk memonitoring langsung ibu hamil, balita di wilayahnya, termasuk pelaksanaan posyandu dan pengukuran bayi.

Pemanfaatan pekarangan juga sering ditegaskan Pj. Bupati Buton untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam mengintervensi penanganan percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Buton.

Singktanya internvensi dilakukan secara terkoordinir, terpadu, dan bersama-sama mensasar kelompok sasaran prioritas yang tinggal di desa untuk mencegah stunting.

Dalam program pembangunan daerah Pj, Bupati mendukung sepenuhnya program prioritas nasional yang tertuang dalam RKPD untuk menghasilkan perencanaan yang berkualitas, pencapaian target-target pembangunan daerah, dan juga mendorong OPD untuk melakukan inovasi guna mempercepat dan memperlancar pelaksanaan tugas-tugas OPD dalam melakukan pelayanan sesuai tupoksi masing-masing. Inovasi kebijakan itu tentu disesuaikan dengan keadaan, dengan situasi dan kondisi Kabupaten Buton.

Pada kesempatan itu juga Gubernur Sultra menyerahkan bantuan mesin dan peralatan bagi pelaku industri kecil menengah di Kota Baubau, Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Tengah TA 2023

Gubernur Ali Mazi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Menteri Perencanaan pembangunan Nasional/Kepala Bapennas yang diwakili oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Prioritas Nasional dan menteri dalam negeri yang diwakili oleh Dirjen Bina Pembangunan daerah.

“Musrembang provinsi merupakan strategis pembangunan daerah dalam bentuk program sehingga target sasaran pembangunan daerah tahun 2024 dan penyelenggara musrenbang RKPD dapat mewujudkan tujuan perencanaan Pembangunan nasional, diantaranya menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pusat dan daerah,” ungkapnya.

Untuk itu perencanaan pembangunan tahun 2024 harus disusun sebaik-baiknya berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan dan isu strategis yang masih dominan serta target tujuan sasaran pembangunan yang belum tercapai hingga tahun ini.

Gubernur Sultra mengajak semua stkholder di Bumi Anoa untuk senantiasa saling bersinergi, berkolaborasi dan senantiasa memohon petunjuk dan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, demi Percepatan Pembangunan Sulawesi Tenggara yang berkemajuan di segala bidang, guna meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat

Turut hadir Unsur Forkpimda Sultra, unsur pimpinan DPRD Sultra, Bupati Walikota se-Sultra, Ketua DPRD se-Sultra, Unsur Forkpimda, Kepala OPD baik Provinsi maupun Kabupaten/kota serta pejabat terkait, Ketua Koni Sultra dan Ketua KNPI Sultra. Pelaksanaan Musrenbang juga difasilitasi sistim daring yang terhubung dengan Bappenas RI, Kemendagri RI di Jakarta.

Reporter : Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!