BPTP Gelar Bimtek Diseminasi Inovasi Teknologi Padi Sawah di Pundidaha

waktu baca 2 menit

KONAWE, TP – Badan Litbang Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Sulawesi Tenggara (Sultra), menyelenggarakan Bimbingan teknis (Bimtek) di BPP Pundidaha, Selasa (23/02/2021).

Kegiatan bimtek tersebut bertujuan untuk mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian, yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian khususnya pada perbenihan dan budidaya tanaman padi.

Kegiatan yang diikuti 30 peserta dari beberapa kelompok tani di Pondidaha itu, bertujuan untuk mendukung program padat karya pertanian di Kabupaten Konawe.

 

Koordinator Program dan Evaluasi, Muhammad Alwi Mustaha mengatakan, selain di kabupaten Konawe, kegiatan serupa juga dilaksanakan di beberapa kabupaten di Sultra.

Alwi menuturkan, kabupaten Konawe merupakan kabupaten yang dilaksanakan kali pertama dalam pembuka QQ.

“Kegiatan serupa dengan topik yang berbeda sesuai dengan potensi masing-masing wilayah akan dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota di Sultra, dengan target peserta 500 orang petani,” ujar Muhammad Alwi pada Triaspolitika.id.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq menyatakan, kegiatan tersebut berdasarkan amanat presiden Jokowi.

“Kegiatan ini merupakan amanat Presiden yang disampaikan kepada Kementerian Pertanian untuk disampaikan ke jajarannya,” kata Muhammad Sidiq.

Dalam amanat presiden kata Muhammad, jajaran dibawa kementrian pertanian, agar turun ke lapangan bertemu langsung dengan pejuang pangan. Hal tersebut guna pemulihan dan penumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid 19.

“Saat ini salah satu yang memberikan nilai tambah devisa negara yaitu sektor pertanian, dimana pertanian menjadi tulang punggung negara di tengah Covid-19”, terang Muhammad Sidiq.

Untuk itu, Muhammad Sidiq berharap, peserta bimtek di Kabupaten Konawe, dapat meningkatkan semangat serta mau melakukan inovasi demi kemajuan pertanian serta kesejahteraan petani.

Kepala BPP Pondidaha Altin, mengucapkan terima kasih kepada Balitbangtan BPTP Sultra yang telah menyelenggarakan kegiatan bimtek di wilayahnya.

Sehingga kgiatan pertanian di wilayah Pondidaha, tetap berjalan dan berproduksi walaupun di tengah pandemi Covid-19.

“Untuk itu kami berharap dengan kegiatan ini, para petani dapat mengadopsi inovasi teknologi pertanian yang disampaikan oleh narasumber, sehingga dapat meningkatkan produktivitas usaha taninya, ” ujarnya.

Untuk diketahui beberapa komponen teknologi produksi tanaman padi yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian antara lai, penggunaan benih bermutu dan bibit sehat, pengaturan cara tanam, pemberian kompos atau bahan organik, penggunaan pupuk berdasarkan kondisi lahan dan kebutuhan tanaman, penanganan PHT sesuai OPT sasaran, penggunaan varietas unggul baru diantaranya Inpari 43, Inpari 47, Inpari R Nutri Zinc, dimana varietas tersebut memiliki potensi niproduktivitas tinggi dan tahan akan organisme penganggu tanaman serta kekeringan.

Sementara itu, materi disampaikan oleh peneliti Balitbangtan BPTP Sultra meliputi pengenalan inovasi teknologi budidaya padi oleh Samrin. Sedangkan materi pemupukan disampaikan oleh Didik Rahardjo.

Reporter : Ahmad

error: Content is protected !!