Besaran Zakat Fitrah 1443 di Konawe Alami Kenaikan

waktu baca 1 menit
Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Konawe, Marjuni Ma’mir.(Utha/Triaspolitika.id)

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), menetapkan Zakat Fitrah 1443 hijriah. Penetapan besaran zakat fitrah itu tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Konawe Nomor 85 tahun 2022.

Besaran zakat disepakati setelah rapat bersama Kepala Kantor Kemenag Konawe, Ketua Majelis Ulama Indonesia Konawe, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Konawe dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah.

“Hasil rapat tersebut di tetapkan 2,5 Kilogram beras jenis medium atau jika di konversikan ke liter besarnya 3,5 liter beras,” kata Marjuni Ma’mir Kepala bagian kesejahteraan masyarakat Kabupaten Konawe, Selasa (12/4/2022).

Jika di rupiahkan kata Marjuni Ma’mir, besaran zakat untuk beras sebanyak 3,5 liter. Jika diakumulasikan dengan nilai rupiah sebesar 25.000 rupiah, sesuai harga bahan pokok beras di pasaran.

“Jika di rupiahkan senilai Rp25 ribu per jiwa. Hal itu sesuai harga beras yang berlaku setelah dirata-ratakan secara kumulatif dari beberapa tingkatan harga pasar setiap kecamatan se- Kabupaten Konawe,” jelasnya.

kata dia, besaran zakat fitrah tahun ini di Konawe mengalami kenaikan, tahun lalu besaran zakat di Konawe sebesar Rp23.750 perjiwa dan tahun ini Rp25.000 perjiwa.

Reporter: Utha

error: Content is protected !!