oleh

Bersama Eksekutif, Legislatif Butur Sahkan Raperda Perubahan APBD

BUTUR, TP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) akhirnya sepakat menyetujui serta mengesahkan Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Buton Utara (Butur) Tahun Anggaran 2020, saat rapat paripurna, Senin (19/10/2020).

Legislator Komisi III DPRD Butur Hasrianti Ali menyapaiakan, bahwa telah selesainya agenda yang sangat penting yaitu pembahasan Raperda tentang Rancangan perubahan APBD Butur tahun 2020 yang dilakuakan secara paripurna.

”Tentunya kita semua sebagai warga negara yang baik untuk selalu mencintai negeri ini dalam rangka terciptanya pembangunan yang baik dan berkesinambungan untuk kemajuan daerah. Dalam rangka perumusan hasil pembahasan Raperda tentang rancangan perubahan APBD Butur tahun 2020. Olehnya itu perlu dipandang untuk membuat laporan tentang hasil pembahasan dalam rangka sebagai memenihi dari tuntutan peraturan perundang-undangan,” jelas politisi partai PAN saat menggelar paripurna.

Dalam pembacaan RAPBD-P Butur Tahun 2020, Hasrianti Ali menyatakan, jika Sekretariat DPRD anggarannya mengalami perubahan penambahan. Sekretariat daerah mengalami pergeseran, Inspektorat Daerah mengalami pergeseran, Badan Kesatuan Bangsa dan politik anggarannya mengalami perubahan penambahan, Satuan Polisi Pamong Praja mengalami penambahan anggaran, Dukcapil anggarannya mengalami pergeseran.

Selain itu, Sekretaris Partai Amanat Nasional ini juga menyebutkan, jika Badan Kepegawaian dan Pengembangan sumberdaya manusia anggrannya juga mengalami pergeseran, Dinas Pertanahan mengalami pergeseran, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa anggarannya mengalami pergeseran, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu anggarannya mengalami pergeseran, DLH anggarannya mengalami pergeseran.

”Dinas Koperasi juga mengalami pergeseran, DKP anggarannya mengalami pergeseran, Dinas Pertanian mengalami pergeseran, Dinas Perindag anggarannya mengalami pergeseran, BKD anggarannta mengalami pergeseran, Dinas Pendidikan anggarannya mengalami pergeseran, BAPPEDA anggarannya mengalami pergeseran, Dinas Perumahan mengalami pergeseran, Dinas PPKB anggarannya mengalami pergeseran, Dinas PPPA amggarannya mengalami pergeseran, Dinas kesehatan anggarannya mengalaminpergeseran,” jelas Hasrianti Ali.

Hasrianti Ali juga menyebutkan, jika Dinas Transmigrasi anggarannya mengalami pergeseran, Dinas PK mengalami pergeseran, Dinas PO amggarannya menhalami pergeseran, Dinas Komknfo mengalami prlerubahan penambahan anggaran, Dinas Perhubungan mengalami pergeseran anggaran, dinas Sosial mengalami pergeseran anggaran, Dinas BPBD anggarannya mengalami pergeseran, Dinas PU anggarannya mengalami pergeseran, Dinas perpustakaan mengalami penambahan anggaran.

“Dari hasil pembahasan DPRD Kabupaten Butur bersama OPD Kabupaten Butur yang menjadi mitra dari DPRD yang dilakukan secara paripurna menjadi cacatan hal yang penting untuk menjadikan perhatian kita semua,” jelas Hasrianti Ali.

Sementara itu, Pjs Bupati Butur Hery Alamsyah mengungkapkan, pembahasan Raperda tentang perubahan APBD tahun 2020 telah melalui dinamika yang menyita perhatian dan kosentrasi serta tenaga dan waktu.

“Alhamdulilah, semua iktiar tersebut telah dapat kita rumuskan dalam satu pandangan dan komitmen bersama bagaimna memastikan perubahan APBD yang dibahas dan ditetapkan dapat menjadi APBD yang aspiratif, responsif, dan dapat mendatanhkan manfaat untuk pembangunan di kabupaten buton utara ini,” kata Hery Alamsyah.

Ada banyak situasi yang berkembang kata dia, setiap pembahasan namun ketika keputusan telah diambil harus sesuai ketentuan dan peratuaran perundang-undangan, inilah inti yang sesungguhnya semangat demokrasi yang dilandasi nilai-nilai religius menjadi penyelenggara pembangunan daerah.

“Oleh sebab itu, saya sampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama pimpinan dan anggota dewan yang telah memberikan masukan dan tanggapan pandangan umum fraksi-fraksi terhadap rancangan perubahan APBD tahun 2020,” jelasnya.

Reporter: Irma

Komentar

BERITA PILIHAN