Bawaslu Mubar Gelar Tes Wawancara 22 Calon Anggota Panwascam Pemilihan 2024

waktu baca 2 menit
Bawaslu Mubar Gelar Tes Wawancara 22 Calon Anggota Panwascam Pemilihan 2024. Sabtu (18/5/2024)

MUBAR, TRIASPOLITIKA.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar tes wawancara kepada 22 calon anggota Panwascam di Sekertariat Bawaslu Mubar, Desa Maperaha, Sabtu (18/5/2024).

Peserta yang lolos seleksi akan melaksanakan tugas pengawasan Pilkada 2024.

Dalam tahapan proses penjaringan badan Ad Hoc, Bawaslu Mubar kini memasuki tahapan wawancara peserta yang telah dinyatakan lulus tes tertulis, proses wawancara itu, Bawaslu Mubar akan menetapkan 11 peserta dari 22 Orang yang menjalani wawancara tersebut, dari 11 peserta yang akan menjadi anggota Panwascam, sebagai perpanjangan tangan Bawaslu Muna Barat, dalam penyelenggara Pemilu.

Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan bahwasanya Berdasarkan hasil test CAT, Panwascam melahirkan dua kali kebutuhan.

“Wawancara ini bagian dari tahapan untuk menggali potensi para peserta terkait dengan pemahaman ke pemilihan, Anggota penyelenggara Pemilu harus mampu bekerja dalam pengawasan tahapan pemilukada,” ungkapnya.

Dari 22 peserta calon Panwascam, nantinya pihak Bawaslu akan plenokan hasil wawancara hari ini, untuk Memili 11 orang yang akan ditetapkan sebagai anggota Panwascam untuk 8 Kecamatan.

Hasil dari wawancara ini akan diumumkan tanggal 23 Mei, sementara pelantikannya tanggal 24 Mei 2024.

Awaluddin Usa menambahkan bagi peserta/calon anggota Panwascam yang berstatus ASN maupun P3K itu diperbolehkan selagi a syarat ketentuannya dilampirkan/dipenuhi.

“Yakni izin dari pimpinannya, tanda terima surat permohonan berhenti sementara dari dinas yang ditekuninya,” bebernya.

Ia juga menegaskan jika ada masyarakat luar yang menggaransikan salah seorang peserta, untuk diloloskan dengan mengatasnamakan Bawaslu Mubar, dengan kompensasi bentuk uang, maka atas nama Bawaslu pihaknya akan melaporkan pada pihak yang berwajib.

Reporter: Dedi

error: Content is protected !!