oleh

Bawaslu Koltim Gelar Pelatihan Pengawasan Partisipatif

KOLTIM, TP –┬áBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan pelatihan pengawasan pemilihan partisipatif dalam rangka persiapan pelaksanaan pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Kolaka Timur, di Kecamatan Tirawuta, Jumat (23/10/2020).

Pelatihan ini diikuti oleh masyarakat, pemerintah desa, serta pemerintah kecamatan yang ada di Kecamatan Tirawuta.

Ketua Bawaslu Koltim, Rusniati Nur Rakibe mengatakan, pelaksanaan pelatihan tersebut guna mendorong partisipatif pengawasan oleh masyarakat, untuk membantu penyelenggaraan pemilu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Koltim.

Diharapkan, dengan adanya partisipasi pengawasan ini bisa mencegah pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

“Semoga dengan pelatihan yang mengundang berbagai elemen masyarakat ini, dapat mampu melakukan pengawasan pada ilkada nantinya,” ujar Ketua Bawaslu, Rusniati Nur Rakibe.

Lebih lanjut Rusniati menyebutkan, semua warga negara memiliki hak untuk melakukan pengawasan pada pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah ini. Masyarakat harus diberikan akses dan berhak melaporkan pelanggaran yang terjadi.

Melalui pelatihan ini kata dia, hendaknya dapat mengedukasi dan memberikan penjelasan kepada masyarakat sehingga pelanggaran pemilu dapat di informasikan.

“Masyarakat dapat memberikan informasi awal pelanggaran, untuk selanjutnya bisa ditindak lanjuti,” ungkap Ketua Bawaslu Koltim.

Dia berharap, kepada masyarakat untuk bersedia melaporkan pelanggaran pemilu. “Itu sudah dapat membantu tugas pengawasan. Kepada peserta pelatihan hal ini harus ditularkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Rusniati, setiap warga yang memenuhi syarat untuk memilih, harus dipastikan dapat hak memilihnya.

“Peran semua masyarakat dalam pengawasan, setiap pelanggaran harus dipastikan penegakan hukumnya. Pelanggaran proses, harus bisa di proses sebelum penyelenggara menetapkan hasil pemilu,” katanya.

Selain dari pihak Bawaslu sendiri, dalam pelatihan tersebut juga menghadirkan Komisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP) serta Panwacam untuk menjadi narasumber.

Reporter: Dekri

Komentar

BERITA PILIHAN