Basarnas Kendari siapkan 50 peserta ikut Pelatihan Pertolongan Dipermukaan Air

waktu baca 2 menit
Kepala Basarnas Aris sofinggi , saat menyampaikan sambutan.|Ahmad/Triaspolitika.id

KENDARI, TP – Basarnas Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), siapkan 50 peserta untuk ikut pelatihan pertolongan dipermukaan air yang dilaksanakan pada 15 hingga 18 Maret mendatang.

Kepala Basarnas Kota Kendari Aris Sofingi mengatakan, 50 peserta yang ikut dalam pelatihan tersebut berasal dari unsur TNI Polri, instansi pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan serta dari mahasiswa. Sementara untuk observer dan instruktur pelatihan berasal dari pusat dan kantor basarnas Kendari.

“Kegiatan ini akan kita lakukan di pantai toronipa kabupaten Konawe. Hal ini tentu menjadi bagian dari upaya pencegahan di bidang pencarian dan pertolongan dengan sasaran para potensi SAR,” Senin, (15/3/2021).

Kata Aris, kegiatan tersebut juga menjadi langkah awal basarnas dalam membangun budaya SAR. Tujuan kegiatan tersebut kata dia, guna meberikan perngetahuan serta keterampilan tentang pertolongan diatas permukaan air serta meningkatkan kemampuan masyarakat yang berpotensi melakukan pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan evakuasi.

Dikatakan Aris, dalam pelaksanaan pelatihan para pengurus tetap memperhatikan standart pencegahan penyebaran Covid – 19, dan sudah mendapat rekomendasi dari gugus tugas serta telah melakukan Tes Swab antigen untuk seluruh peserta, instruktur dan panitia yang terlibat dalam kegiatan.

“Harapan kami melalui kegiatan ini bisa berbagi pengalaman sekaligus menjalin sinergi dan soliditas antara kantor pencarian dan pertolongan kendari dengan potensi SAR yang berada di wilayah Sulawesi Tenggara,” imbuhnya.

Sementara itu Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir berharap kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai sefety dan pengetahuan tentang pencarian serta pertolongan juga kata dia bagian dari budaya hidup dilingkungan masing-masing sehingga dapat menjadi bangsa yang kuat.

“Pelatihan ini kami harapkan pesertanya nanti bisa menghadapi apapun jenis musibah yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita dimasa yang akan datang,” tandasnya.

Reporter : Ahmad

error: Content is protected !!