Antisipasi Warga Membuang Sampah, DLH Muna Pasang Pagar Larangan

waktu baca 2 menit
Dinas Lingkungan Hidup Muna, memasang palang pagar di sepanjang pinggir jalan, samping rumah adat Barughano Wuna, Kota Raha. (Bensar/Triaspolitika.id).

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), terpaksa harus memasang palang pagar di sepanjang pinggir jalan, samping rumah adat Barughano Wuna, Kota Raha, Kamis, (17/02/2022).

Pemasangan pagar dilakukan Dinas Lingkungan Hidup sebagai tanda larangan, agar masyarakat yang berada disekitar wilayah tersebut, tidak lagi membuang sampah di lokasi itu.

Sekretaris DLH Muna, La Bama menuturtkan, pemasangan pagar di samping rumah adat Barughano Wuna atas perintah langsung Bupati Muna, LM Rusman Emba.

“Kami mendapat perintah dari Bupati untuk segera membersihkan sampah, kemudian memasang palang kayu di lokasi tersebut,” ujar La Bama pada Triaspolitika.id Kamis, (17/02/2022).

Bama mengaku, penanganan sampah di Kota Raha memang masih belum maksimal. Meskipun kata dia, pihak pemerintah telah menyediakan bak sampah di sejumlah tempat, namun kesadaran masyarakat juga tak kunjung ada.

“Sebenarnya Dinas Lingkungan Hidup sudah menyiapkan bak sampah, tapi lagi-lagi kesadaran masyarakat masih kurang. Banyak juga masyarakat yang kerap membuang sampah bukan pada tempatnya,” katanya.

Sebagai langkah antisipasi dari pemerintah, Dinas Lingkungan Hidup memasang palang sepanjang pinggir jalan.

Pelaksana tugas Kadis Lingkungan Hidup Muna, La Ode Matalana mengatakan, selain petugas DLH, Satpol-PP juga berkewajiban untuk ikut melakukan pengawasan terhadap masyarakat, agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Pol-pp punya kewajiban untuk menegakkan perda. Nantinya saya bakal berkoordinasi dengan pak Bupati terkait hal tersebut,” pungkas La Ode Matalana.

Sebelumnya, Triaspolitika.id memberitakan sampah berserahkan di Kota Raha. Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya sampah yang dijumpai di saejumlah titik di Kota Raha.

Reporter: Bensar Sulawesi

Baca Juga : Sampah Berserahkan, Racuni Penciuman Warga di Kota Raha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!