948 Peserta Berebut 258 Kursi Anggota PPS di Kabupaten Muna Barat

waktu baca 2 menit
Pelaksanaan tes CAT bagi peserta calon anggota PPS Kabupaten Muna Barat, yang digelar di gedung SMA N 1 Tikep (Dedi/Triaspolitika.id

MUBAR, TRIASPOLITIKA.ID – Sebanyak 948 peserta calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Muna Barat (Mubar) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mengikuti seleksi Computer Assisted Test (CAT), yang dilaksanakan di SMAN 1 Tikep sejak Senin (9/1/2023) kemarin.

Awaluddin Usa, selaku ketua KPU Mubar mengatakan tahapan perekrutan anggota PPS pihaknya hanya menyediakan 258 kuota sesuai dengan kuota yang dibutuhkan dari jumlah keseluruhan Desa dan Kelurahan yang ada di Mubar.

“Sesuai Juknis, PPS ini dibutuhkan hanya tiga orang pada tiap desa dan kelurahan, sementara saat ini di Mubar ini terdapat 81 desa serta lima kelurahan,” ungkapnya, Selasa (10/1/2023).

Ia menyebut, dalam tahapan pendaftaran, calon peserta yang berhasil mengakses Sistem Informasi KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA) mencapai 1039 orang, namun mengalami penurunan sebab calon peserta tidak mampu merampungkan beberapa berkas yang telah disyaratkan, sehingga hanya 952 peserta yang lolos pada SIAKBA.

Lanjut Awaluddin, dalam seleksi tahapan awal pada uji kelayakan administrasi calon anggota PPS, pihaknya temukan 13 peserta tidak memenuhi standar berkas, sehingga peserta tersebut dinyatakan tidak lolos untuk mengikuti tes selanjutnya.

“Jadi total peserta tersisa 948 orang setelah tahapan seleksi administrasi,” jelasnya.

Sehingga, Kata Awaluddin, dengan membludaknya calon anggota PPS yang ada, pihak KPU Muna Barat akan melakukan beberapa tahapan seleksi untuk menyesuaikan dengan kuota yang telah disesuaikan

“maka tahapan yang akan dilalui tiap peserta diantaranya uji kelayakan administrasi, Computer Assisted Test (CAT), serta tes wawancara.” Bebernya.

“Terkait nanti hasil CAT ini akan diambil tiga kali atau dua kali kebutuhan, kita (KPU) akan melakukan rapat pleno dulu. Kemungkinan besar kita (KPU Mubar) akan mengambil dua kebutuhan artinya enam orang per desa atau kelurahan. Jadi, 258 dikalikan dua adalah 516 orang akan mengikuti seleksi selanjutnya,” Pungkas Awaluddin.

Sementara itu, Kordiv SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Mubar, LM Nuzul Ansi menambahkan, seleksi tertulis dengan sistem CAT, yang akan diselenggarakan sejak 9 sampai 12 Januari 2023 mendatang.

“Tes tertulis diselenggarakan selama empat hari dan tiap harinya dibagi menjadi empat sesi,” tandasnya.

Reporter: Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!