oleh

378 Nelayan di Kolaka mendapat Program Konversi BBM ke BBG

KOLAKA, TP – Sebanyak 378 nelayan di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal menerima bantuan mesin perahu Bahan Bakar Gas (BBG) yang di konvensi dari Bahan Bakar Minyak (BBM).

Pemberian bantuan terhadap nelayan di Kolaka merupakan hasil verifikasi pemerintah daerah, pada program Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terhadap konversi BBM ke BBG untuk Nelayan.

“Kita telah melakukan verifikasi nelayan di Kolaka, dan data yang di peroleh sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan mesin perahu berbahan bakar gas,” kata Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Perikanan Kolaka, Abdul Kadir pada triaspolitika.id Selasa (22/09/2020) siang, di ruang kerjanya.

Dikatakan Abdul Kadir, pihaknya telah melakukan penyuluhan terhadap nelayan di Kolaka yang bakal mendapat bantuan mesin perahu. ”Jadi yang mendapat bantuan mesin perahu nantinya yaitu nelayan yang ada di Desa Tondowolio, Kecamatan Tanggetada,” katanya.

Lebih lanjut Abdul, menyebutkan nelayan yang nantinya mendapat bantuan tersebut harus memenuhi syarat. Adapun syaratnya yaitu, nelayan harus memiliki Kartu Pelaku Usaha Perikanan (KUSUKA) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

”Selain itu, nelayan juga harus memiliki perahu bermesin dan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan,” katanya.

Ia berharap, semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat nelayan, sehingga kesejahteraan masyarakat seperti yang diharapkan pemerintah saat ini dapat terlaksana.

Sementara itu, penyuluh Perikanan Kecamatan Tanggetada, Ivonne Siswanty mengatakan, dengan adanya konversi tersebut dipastikan bakal menghemat anggaran yang dikeluarkan para nelayanan.

Repoeter : A. Jamal

Komentar

HUKUM KRIMINAL