36 Pendaftar Siap Bersaing di Kursi Komisioner Bawaslu Mubar

waktu baca 2 menit
Pendaftar calon anggota Bawaslu Kabupaten Muna Barat capai 36 orang|Dedi/Triaspolitika.id

MUBAR, TRIASPOLITIKA.ID – Masa waktu pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masa jabatan tahun 2023-2028 yang dibuka sejak 29 Mei 2023 lalu, resmi ditutup pada hari Rabu (7/6/2023) kemarin dengan total 523 pendaftar yang terbagi atas 3 zona.

Untuk di Kabupaten Muna Barat yang masuk di zona 3, terdapat 36 pendaftar yakni laki-laki sebanyak 33 orang serta perempuan berjumlah 3 orang.

Ketua Tim Seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota zona 3 Sultra Dr. Sahrina Safiuddin mengatakan bahwa ditutupnya masa pendaftaran ini maka tahap selanjutnya adalah perbaikan berkas.

“Perbaikan berkas selama 3 hari (8-10 Juni 2023 red.), kemudian akan diumumkan ada perpanjangan masa pendaftaran atau tidak,” jelas Dr. Sahrina Safiuddin saat dihubungi via WhatsApp, Kamis (8/6/2023).

Perpanjangan masa pendaftaran ini sebagaimana dijelaskan dalam pedoman pelaksanaan pembentukan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota masa jabatan Tahun 2023-2028 yakni:

1. Jumlah pendaftar sudah memenuhi 8 (delapan) kali kebutuhan namun belum ada pendaftar perempuan.
2. Jumlah pendaftar sudah terdaftar perempuan namun jumlah peserta kurang dari 8 (delapan) kebutuhan.
3. Jumlah pendaftar kurang dari 8 (delapan) kali kebutuhan atau keterwakilan perempuan mencapai minimal 30% (tiga puluh persen) dari jumlah pendaftar.

Setelah itu Lanjut Dr. Sahrina akan diumumkan hasil penelitian/seleksi berkas administrasi pada tanggal 20 Juni mendatang.

“Pengumuman administrasi dulu baru tes tertulis (CAT) pada tanggal 21-23 Juni dan tes psikologi pada tanggal 26-28 Juni mendatang,” terangnya.

Kemudian tahapan berikutnya dalam seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yakni setelah lulus tes tertulis dan psikologi maka berlanjut ke tahap tes kesehatan dan wawancara.

Selanjutnya bakal ada tahap penyampaian nama calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota serta uji kepatutan dan kelayakan menggunakan metode SSGD hingga sampai ditahap pengumuman calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota terpilih dan pelantikan.

Reporter: Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!