oleh

32 unit Lampu Solar Cell Bakal Terangi Desa Wapae Jaya di Mubar

-EKSEKUTIF-26 views

MUBAR, TP – Tahap ke-2 dana desa tahun 2019, Desa Wapae Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat (Mubar), kucurkan anggaran sebesar Rp131.140.000, untuk pengadaan 32 unit lampu jalan tenaga surya jenis Solar Cell.

Saat disambangi, Sarianto Safruddin, selaku Kepala Desa Wapae Jaya menjelaskan, pengadaan lampu jalan tersebut berdasarkan hasil musyawarah pembangunan Desa(musrembang Desa) pada tahun ini, Senin (07/08/2020).

“Jadi pengadaan lampu jalan ini tentunya berdasarkan musyawarah bersama masyarakat Desa dan dilihat dari sisi manfaatnya serta mengifiseinkn anggaran”, terang Sarianto.

Mantan Kader PDI-P ini juga menambahkan bahwa dipilihnya lampu jalan dengan jenis solar Cell tersebut karena penggunaan jenis lampu tersebut cukup efisien.

“Penggunaan lampu jenis ini cukup efisien, karena masa pemakaiannya bisa mencapai sekitar 20 tahun. Selain itu, sistem perawatannya juga cukup mudah,dan daya bisa diatur lewat remote control”,jelasnya.

Masih kata Sarianto, sebenarnya masih banyak titik di Desa setempat yang layak diadakan lampu, namun di masa pandemi Covid-19 ini penggunaan anggaran harus irit dan efisien.

“Seandainya pandemi Covid-19 ini sudah berlalu, seluruh titik di Desa ini bisa kita pasangkan semua lampu. Tapi karena pandemi ini, jadi Dana Desa penggunaan dananya lebih diprioritaskan ke Penanggulangan Covid-19,” paparnya.

Sarianto Safruddin berharap,setelah lampu jalan terpasang, masyarakat ikut secara bersama menjaga dan merawat.Supaya lampu penerangan jalan tersebut bisa bertahan.

“Setelah terpasang,mari kita jaga bersama,biaya sangat besar kita anggarkan untuk itu,jika rusak akibat tangan yang tidak bertanggung jawab, kita butuh biaya lagi untuk mendatangkan lampu tersebut,” tutup Sarianto Safruddin.

Reporter : Dedi

Komentar

BERITA PILIHAN