oleh

220 Warga Terima Buku Tabungan Program BSPS

WAKATOBI, TP – Sebanyak 220 kepala keluarga warga penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di beberapa desa khususnya di Pulau Wangi-wangi, kini telah menerima Buku Tabungan rekening program tersebut.

Buku itu diserahkan oleh kepada masing-masing penerima bantuan, pada acara penyerahan Buku tabungan di Aula Museum Budaya  Kecamatan Wangi-wangi selatan, Rabu (2/9/2020).

“Alhamdulillah melalui upaya kerja bersama bantuan program BSPS bisa diterima bapak ibu. Atas nama pemerintah daerah saya menghaturkan terima kasih kepada pemerintah melalui Kementerian PUPR RI yang telah memberikan bantuan program BSPS serta selamat kepada para penerima bantuan,” kata Bupati Wakatobi, Arhawi.

Menurut Bupati H Arhawi, program ini merupakan salah satu bentuk kepekaan pemerintah kepada masyarakat untuk mendorong peningkatan kesejahtraan masyarakat guna memenuhi kebutuhan dasar hidup yaitu rumah layak huni.

Ia menambahkan, pemerintah daerah ingin mewujudkan membangun masyarakat yang sejahtera lahir batin.Untuk itu program BSPS di Kabupaten Wakatobi harus  tepat sasaran sehingga berhasil guna untuk kesejahteraan masyarakat.

“Semoga program ini berjalan baik sehingga hasilnya pun akan baik. Ini bentuk nyata perhatian pemerintah kepada warganya,” ujarnya.

Lanjut H. Arhawi, Pemerintah daerah sebelumnya mengusulkan ke pemerintah pusat terkait bantuan kepada rumah-rumah warga miskin yang tidak layak huni sebanyak 4.988 rumah.

“Yang dapat ini, bukan hanya warga di pulau Wangi-wangi, tetapi ini menyebar di pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko,” ujarnya.

Dia menjelaskan, proses bantuan ini secara bertahap. Pada tahun 2020, warga telah menerima bantuan tahap ke-2 dengan jumlah 320 unit. Bulan lalu sebanyak 140 unit tersebar di empat pulau.

“Tahun ini anggaran program bantuan yang dikucurkan pemerintah pusat ke daerah sebanyak Rp 9 miliar lebih,” kata Arhawi.

Sementara secara teknis Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Penduduk Kabupaten Wakatobi Aswiadin menyebut 220 unit rumah tersebut merupakan BSPS tahap dua dimana penerimanya tersebar di Pulau Wangi-wangi.

“Sekarang realisasi BSPS tahap dua ada 220 unit rumah untuk pulau Wangi-wangi dan pulau Kaledupa 100 unit tersebar di 14 Desa dan Kelurahan. Tahap pertama ada 140 unit rumah juga tersebar di empat pulau di Wakatobi,” ungkapnya.

Aswiadin merinci dari total dana Rp 17,5 ribu itu terbagi dua juta lima ratus untuk ongkos tukang. Sisanya untuk bahan bangunan yang diperlukan seperti membeli atap, dinding (batako), dan tegel.

“Dana bantuan ini sebelumnya hanya sebesar Rp 15 juta naik ke angka Rp 17,5 ribu per unit rumah,” ujarnya.

Program BSPS  merupakan bantuan stimulan dari Kementeian PUPR RI yang harus dimanfaatkan optimal untuk memperbaiki rumah secara layak yang membutuhkan  swadaya masyarakat.

Reporter: Anto

Komentar

BERITA PILIHAN