22 Desa di Muna Bakal Ikut Seleksi, Persiapan Lomba Tingkat Provinsi

waktu baca 2 menit
Kepala PMD Muna, Rustam.(Bensar/Triaspolitika.id)

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Sebanyak 22 Desa di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal menjalani seleksi tim penilai kabupaten Muna. 22 Desa tersebut rencananya akan mewakili Kabupaten Muna pada ajang perlombaan desa tingkat Provinsi.

22 Desa yang mewakili kabupaten Muna, sebelumnya sudah menjalani seleksi yang dikuti 124 desa dari 22 Kecamatan di Muna.

Ajang lomba desa tersebut berkaitan dengan evaluasi sejauh mana perkembangan desa dalam berbagai aspek indikator penilaian, diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, kamtibmas, partisipasi masyarakat, pemerintahan desa, kelembagaan masyarakat, serta pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Muna, Rustam mengatakan, setelah hasil seleksi dari 22 kecamatan mewakili satu desa atau Kelurahan maka diambil hingga tiga besar, maka dipersiapkan mewakili Muna di tingkat provinsi.

“Yang diperlombakan yaitu, ilmu Pemerintahan, kebersihan dan ada yang menyangkut infrastruktur pendidikan atau indikator lainnya,” ujar Rustam Senin, (23/05/2022).

Untuk itu, Rustam meminta desa-desa untuk menyiapkan segala sesuatu yang menjadi syarat perlombaan.

“Jadi kami turun di lapangan untuk inventarisasi Kecamatan, yang sudah mengirim surat keputusan perwakilan. Setelah itu kami menurunkan tim penilai Kabupaten maka kita lampirkan jadwal setiap desa yang ikut lomba,” katanya.

Setelah itu kata dia, pemerintah provinsi telah menyusun jadwal antara Minggu kedua Bulan Juli sampai Minggu keempat Juni. “Nantinya Pemprov yang menilai dari 17 Kabupaten dan Kota di Sultra,” pungkasnya.

Reporter: Bensar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!