166 Kades Terpilih Ikuti Gladi Pelantikan 

waktu baca 2 menit
Gladi pelantikan desa di halaman kantor bupati konawe

TRIASPOLITIKA.ID : KONAWE – Sebanyak 166 calon kepala desa (Cakades) terpilih pada pilkades serentak konawe ikuti gladi persiapan pelantikan di halaman kantor bupati konawe jumat, 16/12/2022.

Gladi persiapan itu berlangsung selama dua hari yakni jumat dan sabtu dan di jadwalkan, pelantikan akan di laksanakan pada senin 19 Desember 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe, Keny Yuga Permana menyampaikan gladi persiapan pelantikan ini sengaja di lakukan untuk mempermudah para kepala desa mengambil posisi saat pelantikan nanti karena akan di hadiri istri atau yang mendampingi kepala desa yang di lantik.

“Pelantikan akan diikuti Cakades terpilih bersama Istri atau pendamping, BPD dan panitia pemilihan masing-masing desa juga turut hadir, estimasinya sekitar 800 peserta,”kata Keny.

Diperkirakan akan banyaknya peserta yang menyaksikan pelantikan tersebut, Keny mengimbau untuk kepala desa yang terpilih agar hadir di lokasi pelantikan 30 menit sebelum acara.

“Bagi cakades yang ingin menyertakan pendukungnya saat pelantikan kita tidak batasi, semakin banyak semakin bagus,” ujar Keny.

Ia berharap, kepala desa yang di lantik nanti untuk ikut mendukung menyukseskan program pemerintah daerah atau visi misi daerah. Untuk lama jabatan kades berdasarkan aturan desa akan menjabat selama enam tahun.

“Berpijak pada Pasal 39 UU No 6 Tahun 2014 tentang desa : Kepala Desa memegang jabatan selama 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Kepala Desa dapat menjabat paling banyak 3 (tiga) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut,” tutup Keny.

 

error: Content is protected !!