oleh

14 Veteran di Kolut Diberi Santunan

KOLUT, TP – Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 75 di lapangan Aspirasi Kompleks Perkantoran Pemda Kolut, Senin (17/08/2020).

Peringatan hari bersejarah bangsa Indonesia tersebut dirangkaikan dengan pemberian santuanan dana sebesar Rp 5 juta kepada 14 veteran Kolut.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar mengatakan pemberian santunan kepada para veteran tersebut semata-mata untuk menghargai perjuangan mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Menurut Nur Rahman Umar, pemberian bantuan tersebut tidak ada nilainya dibandingkan apa yang mereka lakukan yang rela mengorbangkan darah mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan tanah air kita yang tercinta.

“Masing-masing veteran kami beri santunan Rp 5 juta perorang baik veteran yang masih hidup maupun yang telah meninggal. Bantuan ini akan tetap berkesinambungan,” kata Nur Rahman Umar.

Untuk itu Nur Rahman berharap bantuan yang telah diberikan dapat bernilai ibadah serta dapat dimanfaatkan untuk keperluan para penerima.

“Ini juga sebagai bentuk balas jasa kami kepada para veteran ini,” ujar Nur Rahman Umar.

Nur Rahman umar mengatakan, peringatan HUT RI ke 75 berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Ditengah pandemi Covid-19, para peserta upacara dibatasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kali ini peserta upacara hanya 11 orang saja. Pengibar bendera tiga orang tanpa didampingi barisan lainnya. Mereka tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan jarak 1 meter dan menggunakan masker merah putih berlogo,” ungkap Nur Rahman Umar.

Meski ditengah pandemi Covid-19 lanjut Nur Rahman, sejumlah peserta upacara tetap antusias mengikuti kegiatan tahunanan tersebut.

Menurut Nur Rahman, kurangnya peserta upacara tidak menjadi penghalang bagi kita semua untuk tetap melaksanakan kewajiban kita untuk memperingati serta mengenang para pejuang kemerdekaan yang rela menyumbangkan tenaga, fikiran serta darah mereka demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Saat ini kita tinggal mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan memperkuat akhlak dan cinta pada tanah air,” pinta Nur Rahman Umar.

Nur Rahaman Umar berharap kepada Masyarakat untuk mendukung pembangunan dan program pemerintah agar berjalan sesuai target yang kita harapkan.

”Di semua sektor baik sektor pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik, tetapi justru kita memberikan motivasi bagaimana agar kebersamaan dan kepekaan sosial terjalin antara pemerintah dan masyarakat,” pungkasnya.

Selain pemberian santunan kepada para veteran, kegiatan ini juga dirangkaikan pembagian sembako serta sosialisasi tentang bahaya pendemi Covid – 19 kepada masyarakat.

Reporter : Fyan

Komentar

BERITA PILIHAN