oleh

11 Desa di Kecamatan Maginti dan Tisel Mubar Gelar Pelatihan Penatausahaan Keuangan

MUBAR,TP – 11 Desa yang tersebar di Kecamatan Maginti dan Kecamatan Tiworo Selatan (Tisel), Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan penatausahaan Keuangan Desa bagi Kaur keuangan dan Operator Desa, Rabu (18-11-2020).

11 Desa tersebut terdiri 7 Desa dari Kecamatan Maginti yakni Desa Kembar Maminasa, Desa Maginti, Desa Bangko, Desa Kangkunawe, Desa Pajala, Desa Gala, dan Desa Pasipadangan. Serta 3 Desa dari Kecamatan Tisel yakni Desa Katangana, Desa Parura Jaya dan Desa kasimpa jaya.

Giat yang dilaksanakan di gedung serbaguna Desa Pajala tersebut dibuka langsung oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa La Ode Tibolo, serta tim pemateri yakni pihak inspektorat Mubar dan dari Pendamping Profesional Program P3MD (Tenaga Ahli, Pemdamping Desa, Pemdamping Lokal Desa, Operator Komputer Kabupaten)

Dalam sambutannya, La Ode Tibolo mengatakan, kegiatan pelatihan bagi Kaur keuangan dan Operator Desa memang sangat perlu diadakan.

“Mengingat dalam Desa yang berperan penting dalam Penanggungjawaban keuangan adalah kaur keuangan dan Operator maka perlu kiranya kegiatan pelatihan semacam ini dilakukan guna meningkatkan kapasitas mereka, ” terangnya.

La Ode Tibolo menambahkan bahwa, sebagai sasaran utama dari tim pengawas keuangan Negara baik dari Provinsi maupun dari Pusat, maka diharapkan kepada Kaur keuangan dan Operator Desa dituntut untuk benar-benar bekerja sesuai tupoksinya.

“Kami berharap pada kaur keuangan dan Operator Desa yang akan mengikuti pelatihan ini agar mengikuti dengan baik guna dapat meningkatkan kapasitas sebagai objek vital dalam Desa,” pungkasnya.

Sementara itu, La Ode Abdul Muin, selaku Ketua Panitia penyelenggara kegiatan Pelatihan tersebut mengatakan materi-materi yang akan disampaikan pada para peserta diantaranya yakni tentang tupoksi perangkat Desa dan Kades serta pelaporan keuangan Desa.

“Insha Allah pelatihan ini digelar selama dua hari, semoga benar-benar memberikan hasil yang positif bagi Kaur keuangan dan Operator Desa guna menjalankan tupoksinya untuk memajukan daerahnya, ” imbuhnya.

Reporter: Dedi

Komentar

HUKUM KRIMINAL