oleh

Sekda Baubau Apresiasi Masyarakat Liabuku Pertahankan Budaya

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Acara adat Wawono Tau yang dipusatkan di baruga Kelurahan Liabuku, Rabu (3/11/ 2021) oleh Masyarakat Kelurahan Liabuku Kecamatan Bungi mendapatkan apresiasi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr Roni Muhtar MPd saat membuka kegiatan mewakili Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH.

Dr Roni Muhtar mengatakan, pelestarian budaya kini menjadi konsentrasi Pemerintah Kota Baubau sehingga ada porsi anggaran kegiatan-kegiatan bersifat kebudayaan pada 2022 mendatang di kelurahan-kelurahan.

“Terkait acara adat ini saya sangat apresiasi peran masyarakat Liabuku tetap mempertahankan budayanya. Tampak talang antik (model lama) dihadapan saya menjadi bukti masyarakat masih merawat itu meski tinggal beberapa. Jadi tahun depan kita upayakan penambahan talang talang itu. Sehingga nanti upacara wawono tau ini aksesoris pelengkapnya akan disiapkan oleh Pemerintah,” ujarnya.

Menurut Dr Roni Muhtar, yang perlu dipahami dengan acara ini adalah kebersamaan, kekompakan masyarakat yang bersatu membuat kegiatan ini meriah. “Saya merasa bangga dengan masyarakat yang masih banyak menjaga dengan telaten adat istiadat. Para pendahulu membuat kegiatan ini bukan tidak ada maksud, tujuannya adalah agar semuanya kompak bersatu,”pungkasnya.(Adm)

BERITA PILIHAN