oleh

Pro Rakyat, Bupati Muna Serahkan Identitas Kartu Tani Sebanyak 2362

Raha, TP – Sebanyak 2362 ribu petani di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI), disalurkan melalui Bank Negara Indonesia (BNI).

Bupati Muna, LM Rusman Emba telah menyerahkan  Kartu Tani secara simbolis iapun menyampaikan, diharapkan kepada petani telah menerima kartu tani dapat digunakan sebaik-baiknya.

“Mudah – mudahan adanya pembagian kartu tani tersebut bisa memotivasi petani di Kabupaten Muna dan lebih semangat karena masyarakat petani sudah lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai kebutuhan bercocok tanam,” cetusnya.

Kelebihan kartu tani, Pemkab Muna adakan MoU dengan pihak BNI cabang Baubau terkait pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR),
Kemudian Pemkab menargetkan 4000 petani di tahun 2021. Rupanya bantuan ini hanya terdapat dua Kabupaten di Sulawesi tenggara yakin Muna, dan Buton.

Pengunaan kartu tani, menebus harga pupuk subsidi, sedangkan yang mendapatkan kartu tani, kelompok tani sistim elektronik menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

“Komitmen kita dengan petani bagaimana pertanian berkontribusi melalui kegiatan Produk
Domestik Regional Bruto (PDRB) melalui kegiatan peningkatan produktivitas ini sangat ditentukan,” akuhnya, La Ode Anwar Agigi, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Muna.

Rahmat Pardiansya kepala cabang BNI Kota Baubau menjelaskan, setelah kami ditunjukkan oleh Kementan, untuk mendistribusikan tahap pertama 2762 sesuai RDKK, maka BNI hadir untuk menjembatani kebutuhan keuangannya.

“Jadi pemerintah mensubsidikan bentuk uang elektronik sesuai kartu tani, dananya bervariasi  sesuai luas lahan RDKK,” tutupnya.

Kontributor: Bensar Sulawesi

Komentar

HUKUM KRIMINAL