oleh

Dr. Roni Muhtar Optimis Geliat Pariwisata Kota Baubau Akan Meningkat

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. merasa optimis, geliat pariwisata di Kota Baubau akan meningkat dimasa yang akan datang. Pasalnya, sejumlah destinasi pariwisata strategis di Baubau saat ini masih dalam upaya pengembangan, baik wisata alam, wisata budaya, maupun wisata kuliner.

Rasa optimisme tersebut disampaikan Dr. Roni Muhtar, M.Pd. melalui sambutannya, saat menghadiri dan membuka dengan resmi Pelatihan Digitalisasi Branding Pemasaran dan Penjualan Pada Desa Wisata, Home Stay, Kuliner Fotografi (DAK Non Fisik) di aula Hotel Mira Kota Baubau, Kamis (4/11/2021).

Dr. Roni Muhtar menuturkan, pilihan untuk pengembangan industri pariwisata tersebut telah melalui kajian yang matang dari berbagai aspek. Di mana dalam mengkaji aspek-aspek tersebut, Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH. telah melibatkan sejumlah tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu.

“Uintuk pengembangan sektor pariwisata kita tetap memberikan perhatian yang lebih terutama mengenai anggaran. Ini adalah komitmen Pemerintah Kota Baubau dalam rangka meningkatkan industri pariwisata di Baubau,” tuturnya.

Sekda Kota Baubau ini menambahkan, saat ini pihaknya telah mencanangkan program tematik terkait bidang kepariwisataan yang saat ini tengah digarap. Yaitu program tematik pengembangan kawasan Batu Sori dan kawasan Benteng Wolio, yang akan melibatkan Dinas-dinas lain selain Dinas Pariwisata.

“Karena kita menganggap bahwa Batu Sori dan Benteng Wolio ini adalah ladang kita, tempat di mana kita bisa menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian Daerah kita. Tentunya, dengan banyaknya aspek yang bisa dimanfaatkan dari dua kawasan in. Dan mudah-mudahan di Tahun 2022 sudah mulai lebih besar perhatian kita pada dua kawasan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Dr. Roni Muhtar menuturkan, jika Batu Sori, Benteng Wolio, dan Pantai Nirwana diberikan sentuhan untuk pengembangannya, maka geliat pariwisata di Kota Baubau akan tumbuh. Dengan demikian, perekonomian masyarakat juga akan ikut tumbuh. Baik yang berada di sekitar kawasan destinasi maupun masyarakat Baubau secara meluas.

“Kita harus optimis mengenai pariwisata ini, karena memang kita mempunyai potensi itu. Pariwisata adalah modal dan aset kita, yang menjadi harapan masa depan kita di Kota ini. Maka kita berharap, dengan potensi ini Kota Baubau bisa berkembang lebih baik dalam arti yang luas, baik sosial ekonomi masyarakat maupun hal-hal lain melalui pengembangan pariwisata ini,” pungkasnya. (Adm)

BERITA PILIHAN