UPT Watutinawu Konawe dapat Kuota 35 KK Program Transmigrasi

waktu baca 2 menit
Plt Disnakertrans Konawe, Lidya Wulandari Nathan Marak

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Konawe, kembali menerima kuota penempatan warga transmigrasi di Unit Pemukiman Terpadu (UPT) Watutinawu, Kecamatan Latoma, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini.

Sebelumnya, UPT Watutinawu sempat terhenti mendatangkan warga transmigrasi akibat pandemi Covid-19 pada 2020 lalu. Dan nanti pada 2021 UPT kembali menerima kuota sebanyak 15 KK.

” Tahun 2020 tdk ada penempatan, cuma ada pembangunan Rumah Transmigrasi dan Jamban Keluarga sebanyak 15 unit nanti tahun berikutnya baru ada penempatan lagi sebanyak 15 kepala keluarga,” kata Plt Disnakertrans Konawe, Lidya Wulandari Nathan Marak, Selasa 21/06/2022.

Lanjut Plt. Disnakertrans Konawe mengatakan, tahun ini UPT itu kembali mendatangkan warga transmigrasi baru dari luar sulawesi sebanyak 25 kepala keluarga.

Berdasarkan data dari kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, UPT Watutinawu Konawe menerima kuota sebanyak 35 Kepala keluarga terdiri dari 25 KK dari luar sulawesi dan 10 KK dari transmigrasi lokal.

Mereka yang berasal dari transmigrasi luar sulawesi berasal dari, Jawa tengah, Lampung dan Jawa Timur. Di rencanakan mereka akan mulai menempati UPT Watutinawu pada pertengahan Juli tahun ini.

“Bulan Juli mulai di tempati dari warga Jawa tengah 10 KK, Lampung 5 KK dan warga transmigrasi Lokal 10KK. Untuk transmigrasi dari Jawa timur akan menyusul pada bulan Oktober sebanyak 10 KK, mereka tidak bersamaan datang karena akan menyesuaikan perubahan anggaran APBD Jatim,” ungkap Lidya.

UPT Watutinawu Latoma mulai di operasi kan pada 2018 lalu. hingga sekarang telah di tempati 65 KK. UPT ini di estimasi akan di tinggali sebanyak 175 Kepala Keluarga namun adanya Okupasi maka di prediksi akan berkurang dari estimasi awal.

Utha
Reporter
error: Content is protected !!