TP-PKK Pomalaa Adakan Lomba Antar Desa dan Kelurahan

waktu baca 2 menit
Foto bersama pengurus PKK desa Dawi -dawi, kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka. Foto: A. Jamal

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Tim Penggerak PKK Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, menggelar sejumlah lomba antar PKK tingkat Kelurahan/Desa Rabu, (15/12/2021).

Kegiatan lomba PKK tersebut merupakan salah satu wujud TP-PKK Pomalaa dalam menciptakan keluarga sejahtera di wilayahnya.

Sebab, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, yang begitu memiliki arti penting dalam proses pembangunan.

Adapun kategori perlombaan yang dilaksanakan yaitu lomba tertib administrasi PKK oleh sekretaris PKK masing-masing desa/kelurahan.

Kemudian lomba pelaksanaan 10 program pokok PKK dalam empat kelompok kerja PKK, serta peninjauan lapangan peserta lomba.

Ketua TP-PKK Kecamatan Pomalaa, Risma Mirdhan mengatakan, perlombaan TP-PKK antar Keluraha/Desa sudah dilaksanakan sejak lima hari lalu.

Untuk penilaian di lapangan dalam kegiatan lomba tersebut kata dia, bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para anggota PKK, serta kader lainnya dalam program pembangunan khususnya Program-program Pokok PKK.

“Alhamdullillah kegiatan ini sudah berjalan selama lima hari. Kami sebagai tim akan melakukan peninjauan ketempat tempat lainya,” ujar Risma Mirdhan.

Lebih lanjut Risma menuturkan, kegiatan lomba PKK dapat memberikan ilmu bagi para ibu-ibu yang masuk dalam kelompok PKK.

Lurah Dawi -dawi, Rachmat Hidayat Gavoer. Foto: A. Jamal

”Kami sebagai tim PKK harus mampu memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu kata Risma, lomba tersebut juga bertujuan untuk memupuk rasa persahabatan, kekeluargaan dan rasa persatuan dan kesatuan diantara peserta.

Diharapkan melalui lomba tersebut, dapat menjadi seleksi awal dalam pencarian kader PKK yang ada di kecamatan Pomalaa mandiri dan berwawasan.

“Kegiatan yang digelar ini tidak hanya sekedar untuk menciptakan kemeriahan sesaat, tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK Kecamatan Pomalaa selama ini, dalam usaha memberdayaan dan mensejahterakan keluarga,” jelasnya.

Lurah Dawi- Dawi, Rachmat Hidayat Gavoer mengatakan, kegiatan tersebut merupakan binaan pangan kabupaten Kolaka untuk kelompok tani yang ada di kelurahan Dawi- Dawi.

”Jadi kegiatan ini merupakan Program pemerintah Kabupaten yakni ketahanan Pangan, dan harapan saya untuk kedepanya dengan kegiatan seperti agar lebih maju lagi masyarakat yang ada di kelurahan dan desa khususnya di Kecamatan Pomlaa ini,” pungkas Rachmat.

Reporter: A. Jamal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!