Tinjau Vaksinasi Anak, Kery Minta Dukungan Masyarakat Konawe

waktu baca 2 menit
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat meninjau pelaksanaan vaksinasi anak di SDN 1 Unaaha. (Utha/Triaspolitika.id)

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), hari ini menggelar vaksinasi anak usia 6-11 tahun secara serentak di 27 Sekolah Dasar di wilayah tersebut.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa meminta orang tua murid untuk ikut mendukung pemerintah dalam menciptakan Herd Immunity atau (Kekebalan Kelompok) pada murid Sekolah Dasar.

“Tidak ada paksaan. Selama syarat kesehatannya terpenuhi, maka anak itu bisa disuntik. Kalau tidak, kita tunda penyuntikannya sampai kondisi sang anak benar-benar stabil,” ujar Bupati Kery, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SDN 1 Unaaha.

Kery juga meminta orang tua murid untuk ikut mendampingi anak mereka saat mengikuti penyuntikan vaksinasi Covid-19.

”Makanya pada saat penyuntikan, kita harapkan anak sekolah itu didampingi orang tua atau walinya,” ujar Bupati Konawe, Selasa, (25/1/2022).

Politisi Partai Amanat Nasional itu juga meminta masyarakat Konawe untuk mempercayakan tenaga kesehatan selama pelaksanaan vaksinasi berjalan.

”Vaksin yang diinjeksikan tersebut dapat membantu¬† menjaga kekebalan tubuh anak terhadap virus Covid-19,” katanya.

Menurut Kery, dosis vaksin yang diberikan pada anak juga sudah melalui uji klinik. Selain itu, sebelum dilakukan penyuntikan, anak juga melewati beberapa tahap pemeriksaan, seperti uji screening serta pemeriksaan daftar riwayat penyakit bawaan.

”Jika hasil screening, ada anak yang tidak memenuhi syarat, tim vaksinator juga tidak akan melakukan penyuntikan vaksin,” kata Kery.

Lanjut Kery, negara tidak memerintahkan vaksin jika efeknya buruk bagi anak. ”Jadi kalau ada oknum-oknum yang menghembuskan isu bahwa vaksinasi itu berbahaya, ditangkap saja. Orang PKI itu namanya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Konawe, Mawar Taligana, menyebutkan target vaksinasi anak usia 6-11 tahun di wilayah tersebut berjumlah 27.527 orang yang terdiri dari siswa sekolah dasar serta anak yang tidak sekolah.

“Tidak ada target waktu kapan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini kita tuntaskan. Tapi kita harapkan bisa secepatnya,” ujar Kadis Kesehatan Konawe.

Untuk diketahui, selain Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso SIK juga ikut memantau jalanya vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di SDN 1 Unaaha.

Reporter: Utha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!