Terus Beri Penguatan Pada Pelaku UMKM, Plt. Wali Kota Baubau Beri Apresiasi Pada PNM

waktu baca 2 menit
Pelaksana tugas (Plt.) Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse. Foto: Diskominfo Kota Baubau

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Pelaksana tugas (Plt.) Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, memberikan apresiasi kepada PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Baubau. Pasalnya, sebagai lembaga permodalan, PNM terus memberikan penguatan kepada pelaku UMKM yang ada di Kota Baubau.

Apresiasi tersebut di sampaikan La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya, saat menghadiri dan membuka dengan resmi kegiatan Literasi Keuangan, yang dirangkaikan dengan Bazar Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM), di Atrium Lippo Plaza Buton Kota Baubau, Jumat (21/1/2022).

“Atas nama Pemerintah Kota Baubau saya sangat mengapresiasi, terhadap apa yang telah dilakukan oleh PNM bekerja sama dengan Pegadaian dan BRI, yang terus melakukan upaya-upaya pembinaan pada UMKM kita, sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang di Kota ini,” Ujar La Ode Ahmad Monainse dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini berharap, agar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan UMKM Koperasi dapat berkolaborasi dengan PNM, untuk bersama-sama melakukan upaya pembinaan. Di mana, hal yang perlu mendapatkan perhatian pada sisi UMKM tersebut adalah Literasi keuangan.

“Maka di kesempatan inilah kita akan belajar bersama-sama, tentang bagaimana meningkatkan Literasi keuangan kita. Karena dengan literasi keuangan yang baik, maka kita dapat mengelola hasil usaha kita, serta kita juga dapat memanfaatkan segala apa yang telah ditawarkan dari pihak perbankan untuk pengembangan usaha kita,” tuturnya.

La Ode Ahmad Monianse juga berharap, agar melalui kegiatan tersebut, para pelaku UMKM dapat diberikan pemahaman, tentang bagaimana memanfaatkan lembaga-lembaga keuangan yang ada. Yang mana, pada lembaga-lembaga keuangan tersebut telah disiapkan sejumlah pilihan, untuk mendukung pengembangan UMKM tersebut.

“Kadang-kadang ketika kita membangun sebuah usaha kita tidak tahu bagaimana berinvestasi, bagaimana menyimpan, dan ini juga merupakan salah satu bentuk lemahnya literasi keuangan kita. Untuk itu saya berharap, agar PNM dapat memberikan penguatan tentang bagaimana mengelola keuangan usaha, sehingga UMKM di Kota Baubau dapat tumbuh berkembang,” ucapnya.

“Kami dari Pemerintah Daerah melalui dinas-dinas terkait, juga akan terus melakukan upaya-upaya negosiasi, agar UMKM kita dapat memasok produk-produknya di gerai-gerai yang ada. Baik di Lippo, Alfamart, maupun di minimarket lainnya yang ada di Kota ini. Jadi nanti kita kolaborasi supaya ada sudut, di mana hasil produk dari UMKM kita ini dapat dipajang di gerai-gerai yang ada itu,” pungkasnya. (Adm)

error: Content is protected !!