oleh

Sekda Baubau Bangga Masyarakat Bone-Bone Mencintai Tradisi

BAUBAU, TRIASPOLITIKA. ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. merasa bangga masyarakat Kelurahan Bone-Bone masih mencintai tradisi. Hal ini terbukti, di mana ritual adat Haroana Andala masih dianggap penting sehingga terus dilaksanakan hingga saat ini.
..
Hal tersebut diungkapkan Dr. Roni Muhtar, MPd. melalui sambutannya, saat menghadiri dan membuka ritual adat Haroana Andala, di pesisir pantai Kelurahan Bone-Bone Kecamatan Murhum, Kamis 21 Oktober 2021.

Menurut Jenderal ASN Kota Baubau ini, ritual tersebut dahulu kerap kali diselenggarakan masyarakat Kelurahan Bone-Bone. Sehingga untuk melestarikan itu, Pemerintah Kota Baubau akan menjadikan ritual itu sebagai tradisi tahunan. Pernyataan itu sekaligus menanggapi keinginan besar masyarakat.

Dr Roni Muhtar mengungkapkan, jika ritual itu dibuat lebih meriah, dikemas dengan baik maka bukan tidak mungkin menarik wisatawan. Untuk itu, dia menegaskan Pemerintah Kota kedepannya akan menyelenggarakan ritual masyarakat Bone-bone itu dengan lebih meriah lagi. Dengan begitu akan mendongkrak ekonomi masyarakat. “Niatan itu akan kita samggupi dan sahuti. Kita akan bantu agar pelaksanaan lebih semarak tapi tidak menghilangkan kenikmatan ritualnya. Lalu pada sisi lain acara seperti ini bisa menjadi sarana untuk promosi pariwisata kita. Kebetulan tempat ini sangat strategis karena berada di pusat kota baubau sehingga orang dengan mudah menjangkaunya, sehingga punya peluang besar untuk bisa menjadi ajang promosi wisata,” tuturnya.

Selain perhatian pemerintah agar ritual ini terjaga dengan baik tambah Roni Muhtar diperlukan juga kekompakan masyarakat Bone-bone untuk mengolah dan mempertahankan aspek-aspek wisatanya.

“Pasti masyarakat sangat berbangga kalau acara ini akak diselenggarakan tiap tahun dan insyaAllah kita akan anggarkan melalui pengawasan yang lebih baik sehingga upacara adat semacam ini tetap terjaga sehingga aspek-aspek wisata ada,” pungkasnya.

Sementara ritual haroana andala masyarakat Kelurahan Bone- Bone turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Baubau H Zahari, SE dan beberapa anggota DPRD Kota Baubau lainnya.yakni Nur Gumilang Siradja, Jufri, perwakilan unsur Muspida, beberapa kepala OPD diantaranya Kadis Kominfo, Kadis Pariwisata, Kadis Perikanan, Camat Batupoaro dan lurah se Kecamatan Batupoaro. (Adm)

BERITA PILIHAN