oleh

Sangat Optimis, FPMM Sultra: Polri di Pimpin Komjen Listyo Lebih Humanis

JAKARTA, TP – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Front Pemuda Muslim Maluku Sulawesi Tenggara (FPMM Sultra), Lamasali Lapandewa SH, optimistis atas penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) tidak akan terkendala saat ‘fit and proper test’ nanti di Komisi III DPR RI.

“Kita harus menghormarti keputusan Presiden Jokowi dalam memilih Calon Kapolri tunggal. Terlebih, rekam jejak Komjen Listyo sangat baik dan tidak memiliki cacat hukum,” terang Lamasali dalam keterangan tertulis melalui pesan whatsapp, Selasa (19/1/2021).

Berselang diumumkannya nama Komjen Listyo sebagai calon Kapolri oleh Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi), disambut supportif (dukungan,red) oleh berbagai macam kalangan.

“Kita bisa lihat dukungan itu ada yang dari Anggota DPR, Ulama, tokoh masyarakat, Ormas, mahasiswa, warga Banten, warga Pati, Semarang, Surakarta hingga daerah lain yang pernah menjadi tempat penugasan Komjen Listyo, dan sebagian besar juga dari internal Polri semuanya mendukung,” terangnya.

Selain itu, pun diketahui soal pembawaan Komjen Listyo yang low profile, rendah hati, dan hangat kepada siapapun, “Cocok untuk mengubah budaya di tubuh Polri yang selama ini oleh sebagian kecil kelompok dianggap represif,” imbuhnya.

Lamasali juga menjelaskan, situasi di tubuh Polri belakangan ini kerap dibenturkan dengan aksi-aksi penolakan sejumlah kebijakan Pemerintah dan penyusunan sejumlah Undang-Undang di DPR. Sebut saja penolakan RUU KPK, RUU KUHP, UU Cipta Kerja dan sebagainya, yang berujung aksi anarkis, katanya.

Oleh karena itu, Lamasali berharap tidak Polri yang selama ini dianggap represif, kerap melanggar HAM dan tebang pilih dapat berubah ke sifat humanis, persuasif dan tegas tanpa pandang bulu kepada siapapun pelanggar hukum.

“Saya optimis dengan karakter Komjen Listyo yang tenang dan kharismatik, Polri bisa lebih humanis dan dicintai rakyat,” akunya.

Dengan begitu, Lamasali juga yakin, Polri kedepannya akan berlari kencang untuk menegakkan supremasi hukum yang berkeadilan dan berbenah secara revolusioner mulai dari sistem perekrutan, pembinaan dan mental para Anggota Polri, katanya lagi.

“Wajah Polri di masa depan adalah Polri yang bisa menjadi sahabat bagi kelompok mana pun. Namun di sisi lain juga bisa tegas bagi siapa saja yang merongrong Pancasila dan persatuan serta kesatuan NKRI,” tutup Lamasali.

Reporter: Atul

BERITA PILIHAN