Pohon Tumbang di Jalur Poros Warumusio, Lalu Lintas Sempat Macet

waktu baca 2 menit
Pohon Tumbang di Jalur Poros Warumasio, Lalu Lintas Sempat Macet. (Ahmad/Triaspolitika.id)

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Sebuah pohon besar yang terletak dibibir jalan poros Warumusio, Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Baubau, Sulawesi Tenggara, tumbang pada Senin, (14/3/2022). Akibatnya, lalu lintas di wilayah tersebut sempat mengalami kemacetan beberapa saat.

Beruntung, sikap sigap dari Polsek Kokalukuna dengan Babinsa yang ditemani masyarakat setempat langsung melakukan pembersihan terhadap batang pohon yang menutupi ruas jalan.

Kapolsek Kokalukuna Ipda Muslimin mengatakan, pohon tersebut tumbang dikarenakan usianya yang sudah tua.

Selain itu, kondisi batang pohon juga sudah mulai rapuh akibat dimakan rayap. Sehingga pada saat hujan disertai angin kencang, memudahkan pohon tersebut tumbang.

“Jadi tumbang ini karena pohonnya sudah tua, sehingga saat angin kencang datang, pohon tidak kuat untuk menahan goyangan,” kata Ipda Muslimin pada Triaspolitika.id Senin, (14/3/2022).

Jalan poros Warumusio merupakan satu satunya akses yang kerap dilalui pengendara, tidak heran jika kemacetan disepanjang jalan di wilayah tersebut terjadi saat pohon itu tumbang.

Pohon Tumbang di Jalur Poros Warumusio, Lalu Lintas Sempat Macet. (Ahmad/Triaspolitika.id)

“Untuk menghindari kemacetan yang lebih berkepanjangan, arus lalu lintas dari arah timur dan barat kita evakuasi bersama petugas dari TNI dan masyarakat setempat. Satlantas Polres Baubau juga turut serta menertibkan kemacetan lalu lintas,” kata Kapolsek Kokalukuna.

Muslimin mengatakan, evakuasi pohon tumbang awalnya dilakukan secara manual, tidak lama kemudian barulah digunakan mesin untuk membantu evakuasi agar lebih cepat.

Pohon tersebut tumbang pada pukul 13:45 Wita, situasi di jalan poros itu mulai normal setelah pukul 15:00 Wita.

Tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu, namun kapolsek Kokalukuna tetap mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati, mengingat kondisi cuaca saat ini kian memburuk.

“Masyarakat tetap waspada, baik warga maupun pengguna jalan. Perhatikan selalu pohon yang akan dilewati, tetap waspada karena cuaca saat ini mulai memburuk,” pungkasnya.

Reporter: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!