PKB Berikan Rekomendasi kepada Burhanuddin Maju Pilkada Bombana

waktu baca 3 menit
PKB Berikan Rekomendasi kepada Burhanuddin Maju Pilkada Bombana

BOMBANA, TRIASPOLITIKA.ID – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan surat rekomendasi tahap 1 kepada Burhanuddin untuk maju di Pilkada Bombana tahun ini, Sabtu 25 Mei 2024.

Ketua DPW PKB Sultra Jaelani menyatakan, surat rekomendasi tahap 1 ini ditandatangani langsung oleh Ketua Tim Desk Pilkada DPP PKB, Abdul Halim Iskandar.

Jaelani menyebut, Burhanuddin merupakan bakal calon Bupati Bombana yang resmi mendaftar di PKB.

“Hari ini kami memberikan surat rekomendasi tahap 1 kepada Pak Burhanuddin untuk maju di Pilkada Bombana,” kata Jaelani dalam rilisnya, Sabtu 25 Mei 2024.

Jaelani menjelaskan, surat rekomendasi tahap 1 ini akan menjadi modal bakal calon untuk meyakinkan partai politik lainnya di Kabupaten Bombana.

Sebab, kata pria yang akrab disapa Bang Jay ini, jumlah kursi PKB tidak cukup untuk mengusung sendiri pasangan calon di Pilkada Bombana 2024.

“Walaupun kita di sana dari hasil Pemilu 2024 kita posisi Ketua DPRD, namun belum cukup untuk mengusung sendiri pasangan calon. Makanya harus koalisi dengan partai lain yang memiliki kursi agar bisa mengusung satu pasangan calon,” jelasnya.

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, PKB memperoleh 4 kursi dari 25 kursi yang ada di DPRD Bombana sekaligus mengunci kursi Ketua DPRD.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, syarat pasangan calon untuk maju di Pilkada minimal diusung oleh partai politik dengan 20 persen kursi di DPRD hasil pemilu terakhir, atau Pemilu 2024.

“Syaratnya harus 5 kursi baru bisa mengusung pasangan calon. Makanya kita masih butuh 1 kursi lagi atau lebih untuk mengusung pasangan calon di Pilkada Bombana,” jelas calon legislatif (caleg) terpilih DPR RI ini.

Jaelani berharap, surat rekomendasi tahap 1 yang diberikan ini bisa digunakan sebaik mungkin oleh Burhanuddin untuk meyakinkan partai yang lain.

“InsyaAllah, surat rekomendasi tahap 1 ini bisa dimaksimalkan dengan baik oleh yang bersangkutan,” harapnya.

Jika nantinya Burhanuddin berhasil meyakinkan partai lain, lanjut Jaelani, DPP sudah pasti akan menerbitkan surat rekomendasi dukungan kepada yang bersangkutan yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB, Hasanuddin Wahid.

Surat rekomendasi dukungan tersebut sebagai dasar pasangan calon untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana nantinya.

“Kalau nantinya sudah ada tambahan partai pengusung, maka otomatis seluruh struktur PKB di Bombana untuk memenangkan pasangan calon yang akan diusung nantinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Bakal Calon Bupati Bombana Burhanuddin mengucapkan terimakasih kepada PKB atas kepercayaan tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus PKB karena memberikan kepercayaan yang diberikan berupa surat rekomendasi tahap 1 untuk maju di Pilkada Bombana,” ujar Burhanuddin.

Ia mengaku, surat rekomendasi tahap 1 ini menjadi modal dirinya untuk menyakinkan partai lain untuk bersama mengusungnya di Pilkada Bombana 2024.

“Saya akan maksimalkan surat rekomendasi tahap 1 ini. InsyaAllah partai lain akan menyusul memberikan dukungan dan kita maju di Pilkada Bombana 2024,” pungkasnya.

Reporter: Dedi

error: Content is protected !!