Peringati Hari Pers Nasiaonal, Surunuddin: Surga Investasi ada di Konsel

waktu baca 2 menit

KENDARI, TRIASPOLITIKA.ID – Dalam rangka memperingati hari Pers Nasional Tahun 2022 di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. surunuddin Dangga menyebut bahwa wilayahnya memiliki sejuta potensi Investasi.

Rangkayan dari penyelenggaraan hari Pers Nasional di Kendari, Pemerintah Daerah mendirikan stand pameran yang bertujuan untuk menampilkan potensi-potensi yang ada di Konawe Selatan. Seperti halnya dalam sektor unggulan yakni, pertanian, perkebunan, kelautan, pertambangan, termasuk industri, sehingga dapat menarik investor untuk berinvestasi di Konawe Selatan.

“Konsel adalah surga investasi, kami berharap kedepan daerah ini akan lebih di kenal lagi dalam kanca nasional maupun internasional,” ungkapnya, Senin (7/02/2022).

Salah satu potensi yang ada di Konawe Selatan, lanjut Surunuddin, Konsel memiliki 2 kawasan strategis, seperti kawasan strategis berbasis perikanan budidaya di Kecamatan Tinanggea, Kolono dan Kolono Timur. Kemudian kawasan strategis berbasis pertanian di kecamatan Lalembuu.

“Untuk kawasan peruntukan budidaya, Konsel memiliki 3.620 Ha kawasan hutan produksi, 163.821 Ha kawasan pertanian, 5.551 Ha kawasan perikanan, 17.582 Ha kawasan pertambangan dan energi, 4.445 Ha kawasan peruntukan industri, dan 57 Ha kawasan pariwisata,” bebernya.

Hal lainnya yang berada di Konsel, 1 PLTU, 6 izin usaha galangan kapal, 146 HGU dengan luas areal 23.271 Ha, dan dua pabrik sawit. Kemudian terdapat tiga izin usaha smelter, dua pabrik pengolahan tepung ubi kayu, empat kawasan industri dan 24 IUP pertambangan dengan luas areal 18.631,66 Ha.

“Kami juga memiliki 10 izin usaha jetty, 1 pabrik pengolahan tepung kelapa, 1 pabrik semen curah tonasa serta 3 proyek strategis nasional (PSN),” rincinya.

Sementara hal-hal yang dapat menghambat investasi di Konsel, Tambah Surunuddin, pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikannya dengan mempermudah investor lokal maupun internasional, agar dalam pengurusan perizinannya tidak berbelit-belit

“Investasi penting digenjot. Kita komitmen manghadirkan iklim investasi yang sehat, sehingga dapat mendorong pembangunan infrastruktur di daerah serta ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Reporter: Kasran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!