oleh

Peringati Hari Batik Nasional, TPP Kolaka Gelar Lomba Layang-layang Nasional

KOLAKA, TP – Peringati hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2020 lalu, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelar gebyar layang-layang terbatik di Desa Puuroda, Kecamatan Baula, Selasa (6/10/2020).

Gebyar layang-layang tersebut, diikuti seluruh pendamping desa se- Kabupaten Kolaka. Setiap kecamatan mengirim dua grup yaitu, grup dari Pendamping Lokal Desa (PLD) dan satu grup dari pendamping desa untuk ikut memeriahkan gebyar layang-layang terbatik.

Koordinator TAPM Kolaka, Sugiarto mengatakan setidaknya, ada 30 layang-layang yang bermotif batik diterbangkan di langit Kolaka guna memperingati hari batik Nasional.

”Selain untuk memperkenalkan batik yang ada di Indonesia, kegiatan ini juga guna memecah rekor muri dalam penerbangan layang-layang se- Indonesia yang sebelumnya telah di inisiasi oleh Kementrian Desa,” jelas Sugiarto pada triaspolitika.id Selasa (6/10/2020).

Lebih lanjut Sugiarto, layang-layang yang di terbangkan ada berbagai macam bentuknya. ”Bentuknya macam-macam, tapi motifnya semua batik,” terangnya.

Dikatakan Koordinator TAPM Kolaka ini, selain dari pendamping desa dan pendamping lokal desa gebyar layang-layang juga diikuti oleh sejumlah warga di wilayah tersebut.

”Banyak juga warga yang ikut berpartisipasi menerbangkan layang-layangnya. Semua motifnya sama batik. Selain itu peserta yang hadir dalam kegiatan ini menganakan pakaian batik,” imbuh Sugiarto.

Kegiatan yang diikuti 10 kecamatan di Kolaka itu, dihadiri Tim Gugus Covid Kabupaten Kolaka, untuk memantau pelaksanaan apakah sudah sesuai dengan protokol Covid-19 atau tidak.

Reporter : Dekri

Komentar

HUKUM KRIMINAL