oleh

Pemkot Baubau Terus Tingkatkan Kompetensi SDM Kepariwisataan

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Pariwisata terus melakukan upaya untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam dunia Kepariwisataan. Salah satu upaya yang dilakukan ialah, dengan mengadakan Pelatihan Sertifikasi Kompetensi bagi Tenaga Kerja Bidang Pariwisata.

Pelaksanaan kegiatan yang dibuka dengan resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. tersebut, dipusatkan di Hotel Galaxy INN selama kurun waktu tiga hari. Yaitu, mulai hari Senin tanggal 29 November sampai dengan Rabu tanggal 1 Desember 2021.

Mewakili Wali Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan, berkat kesadaran semua pihak dalam menerapkan Protokol Kesehatan, kewaspadaan terhadap pandemi belakangan ini telah menunjukkan situasi yang menggembirakan. Baik ditingkat Nasional maupun di Daerah.

“Tentunya kondisi ini dapat menjadi awal mula bagi kita untuk mulai bergerak bergandengan tangan, berkolaborasi dan terus berinovasi, untuk membangun kembali sektor pariwisata kita yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19,” ujar Dr. Roni Muhtar dalam sambutannya, Senin (29/11/2021).

Sekretaris Daerah Kota Baubau ini juga menuturkan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata tersebut merupakan salah satu upaya untuk memajukan industri pariwisata yang ada di Kota Baubau. Di mana, melalui peningkatan kapasitas SDM, pariwisata yang kompeten unggul dan berdaya saing akan terwujud.

“Namun harus tetap memiliki kearifan lokal dengan mengedepankan nilai-nilai PO-5 sebagai instrumen dalam kehidupan bermasyarakat kita di Kota Baubau. Agar kita semua senantiasa menjaga kekompakan demi terwujudnya Kota Baubau yang Maju, Sejahtera, dan Berbudaya,” tuturnya.

Dr. Roni Muhtar menambahkan, Kota Baubau memiliki posisi yang strategis dengan beragam potensi, mulai dari alam, budaya, sejarah, hingga kuliner. Jika berbagai potensi yang ada tersebut dapat dikelola dengan baik, maka Kota Baubau akan memiliki destinasi wisata favorit di Sulawesi Tenggara.

Untuk itu pihaknya berharap, agar kemajuan sektor pariwisata dapat memberikan multi player efek bagi sektor-sektor lainnya. Dengan demikian, sektor pariwisata akan mampu memberikan kontribusi positif di dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Itulah harapan besar untuk memajukan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19 ini. Untuk itu Pemerintah terus melakukan berbagai cara, antara lain dengan mendorong upaya peningkatan kompetensi pariwisata yang kompeten. Yang memiliki bukti berupa sertifikat kompetensi, yang dikeluarkan oleh lembaga yang sudah terdaftar di kementerian Pariwisata,” pungkasnya.(Adm)

BERITA PILIHAN