Pemkot Baubau Beri Perhatian Penuh Bagi Penyandang Disabilitas

waktu baca 3 menit

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Dalam memberikan pelayanan kepada warganya, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau tidak membedakan antara satu dengan yang lainya, di antaranya ialah bagi penyandang Disabilitas. Di mana, Pemkot Baubau memberikan perhatian penuh dalam memberikan layan publik terhadap Disabilitas tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya, saat menghadiri acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI). Acara yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut dilaksanakan di ruang Auditorium Kantor Wali Kota Baubau, Jumat (10/12/2021).

La Ode Ahmad Monianse menuturkan, sebagai wujud kepedulian terhadap Disabilitas, banyak hal yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Baubau. Di antaranya ialah, adanya instruksi Wali Kota Baubau Dr. H. AS. Tamrin, MH kepada para kepala OPD dan perencana, agar dalam membangun gedung baru harus dirancang dengan kemudahan bagi Disabilitas.

“Ini adalah sebuah pengejawantahan dari amanah Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016. Karena Kepala Daerah telah mengangkat sumpah untuk bersedia melaksanakan semua peraturan perundang-undangan ketika dilantik. Sehingga kami berkomitmen untuk melaksanakan sumpah itu, meskipun belum maksimal dan masih ada hal-hal yang memerlukan pembenahan,” tuturnya.

Wakil Wali Kota ini menambahkan, dalam merealisasikan instruksi Wali Kota tersebut, sejumlah OPD telah menyiapkan fasilitas khusus untuk Disabilitas. Di antaranya ialah Dinas Perizinan, Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), serta Dinas Catatan Sipil. Di mana, kedua dinas tersebut telah menyiapkan meja khusus untuk Disabilitas yang berurusan.

Selain itu, Pemerintah Kota Baubau juga telah memberikan bantuan baik yang bersumber dari APBD maupun dari APBN. Yang mana, bantuan tersebut telah disalurkan melalui Dinas Sosial Kota Baubau dalam bentuk alat-alat bantu seperti tongkat, kaki palsu, kursi roda, alat bantu pendengaran, maupun kebutuhan-kebutuhan lain yang diperlukan oleh para Disabilitas.

“Dengan adanya fasilitas itu kita harapkan, saudara-saudara kita Disabilitas ini akan dapat memperoleh pelayanan yang baik, sebagai mana warga-warga kita lainnya. Insya Allah kami akan terus melakukan perbaikan hingga layanan di jalan raya, dengan membangun trotoar yang nyaman bagi warga kita Disabilitas ini,” ujar La Ode Ahmad Monianse.

Atas nama Pemerintah Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse juga memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, yang telah memilih Kota Baubau sebagai tuan rumah pelaksanaan Peringatan Hari Disabilitas Internasional tersebut.

Untuk itu, melalui momentum Peringatan HDI tersebut La Ode Ahmad Monianse berharap, agar para Disabilitas tidak merasa terpinggirkan dari yang lain. Di mana, Peringatan Hari Disabilitas Internasional tersebut mengusung tema “Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19”.

“Ini sebuah peringatan besar kepada kita semua secara Internasional, agar dimasa pandemi dan pasca pandemi, saudara-saudara kita Disabilitas ini tidak merasa terpinggirkan. Tentu dengan menjadikan strategi inklusif, sekaligus membangun sebuah perencanaan, agar kita bisa melakukan yang terbaik buat saudara-saudara kita Disabilitas ini dimasa-masa yang akan datang,” tutupnya.(Adm)

error: Content is protected !!