Pemdes Kasumewuho Bangun Drainase di Zona Rawan Banjir

waktu baca 1 menit
Pembuatan drainase di Desa Kasumewuho

TRIASPOLTIKA.ID : KONAWE – Pemerintah Desa Kasumewuho, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara anggarkan pembuatan drainase desa sepanjang 250 meter dari alokasi dana desa tahap satu tahun 2023.

Pembuatan drainase tersebut, berfungsi sebagai pencegah banjir di sekitar rumah warga. Apa lagi di titik pembuatan drainase merupakan zona rawan banjir.

Kepala desa Kasumewuho, Iswanto mengatakan, pembuatan drainase tersebut merupakan usulan warga desa yang sering terkena dampak banjir saat musim hujan.

Banjir yang sering kali di alami warga desa Kasumewuho itu di akibatkan saluran drainase di depan rumah mereka belum terbangun sehingga air tidak dapat mengalir maksimal ke tempat yang lebih rendah.

“Sehingga pemerintah desa Kasumewuho menganggarkan pembuatan drainase sepanjang 200 metermeter dan ini berdasarkan usulan warga, ” kata Iswanto.

Ia menambahkan, dengan adanya proyek tersebut pemdes kasumewuho bisa memberdayakan masyarakat desanya sebagai pemborong dari proyek drainase itu.

Selain pembuatan drainase, pemdes kasumewuho juga membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada 30 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk masa 3 bulan.

Mereka penerima BLT DD merupakan para lansia, janda, warga yang memiliki penyakit kronis dan warga dengan kondisi miskin extrim.

” Sebanyak 30 KPM kita berikan BLT DD, semoga bantuan tersebut dapat mengurangi sedikit beban mereka, “harap Iswanto.

error: Content is protected !!