Muzakkir Sampaikan 30 Planing Mujahadah Ramadhan

waktu baca 4 menit
Pembina Yayasan Amal Jaya Berkah Madrasah terpadu Darul Istiqamah Kolaka, Dr Muzakkir Arif Lc MA

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Pembina Yayasan Amal Jaya Berkah Madrasah terpadu Darul Istiqamah Kolaka, Dr Muzakkir Arif Lc MA pada acara tarhib Ramadan dan pembukaan masjid Al Istiqamah Kolaka, Sabtu (26/3/2022) di Sekolah aula Madrasah Ibtidaiyah Darul Istiqamah Kolaka menyampaikan 30 planing mujahadah Ramadhan.

Berikut 30 Planing Mujahadah Ramadhan, Dr Muzakkir Arif Lc MA:

  1. Mendapati takbiratul ihramnya Imam dalam Shalat lima waktu.
  2. Shalat sunnah rawatib 12 rakaat sehari semalam.
  3. Shalat sunnah pelengkap shalat sunnah rawatib 10 rakaat sehari semalam.
  4. Shalat tarawih 11 rakaat bersama imam. Tidak shalat witir lagi di akhir malam.
  5. Shalat tahajud di akhir malam 11 rakaat. Atau shalat 8 rakaat atau lebih, kalau sudah shalat witir bersama imam pada shalat tarawih.
  6. Berniat itikaf setiap kali ke masjid.
  7. Itikaf ba’da shalat Subuh sampai 15 menit setelah terbit matahari. Shalat Isyrag sebelum meninggalkan masjid.
  8. Shalat dhuha 8 rakaat atau lebih, pada satu waktu, atau pada waktu yang terpisah- pisah sampai 15 menit sebelum masuk waktu zhuhur.
  9. Tilawah Al-Ouran minimal 3 juz setiap hari.
  10. Tilawah surah As-Sajadah, surah Al-Mulk, 2 Ayat terakhir dari surah Al-Bagarah, surah Al-Kafirun, surah Al-Ikhlas, surah Aljasa surah An-Nas (3 Surah terakhir ini diulangi 3x), semuanya.
  11. Menyempurnakan dzikir pagi, dzikir sore, dengan wirid tahlil, wirid tasbih, wirid istighfar, wirid shalawat, wirid dzikir mutlak masing-masing minimal 100x.
  12. Memperbanyak do’a sepanjang siang dan malam, terutama setiap antara adzan dan Igamah, menjelang Subuh, dalam perjalanan, dan pada saat turun hujan.
  13. Meluangkan waktu untuk belajar Ilmu Islam minimal 30 menit setiap hari, mentadabburi sirah Nabayiwah, atau memperbaiki tahsin Quran, atau menambah hafalan ayat/surah, atau menambah hafalan do’a yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits.
  14. Tidak membawa HP ke masjid, atau meng off kan HP selama di masjid,
  15. Tidur malam paling lambat jam 22:00, bangun jam 02:00.

    16. Meng off kan HP mulai jam 21:00 sampai pagi, setelah selesai shalat isyrag.

  1. Berolah raga ringan, jalan cepat dan atau berjemur diri di pagi hari.
  2. Malam hari, menghindari minum es, makanan berkolesterol tinggi, manis berlebihan, gula pasir yang banyak, dan semua yang kurang baik bagi kesehatan.
  3. Malam hari, mengutamakan konsumsi buah buahan, sayur sayuran, kurma, dan makanan sehat lainnya.
  4. Malam hari dan saat sahur, mengkonsumsi suplemen herbal yang terbaik seperti: madu, habbatus sauda’, omega3, gamat, propolis, kismis, kopi herbal, jahe, kunyit, sereh, dst.
  5. Tidur singkat menjelang zhuhur, atau ba’da zhuhur.
  6. Membantu isteri/suami dan anak dalam menyelesaikan pekerjaan pekerjaan rutin sehari hari di rumah seperti: memasak, mencuci pakaian, menjemur, menyeterika, mencuci piring, menyapu, membersihkan rumah, dst. Semua itu diusahakan untuk dipersingkat.
  7. Bersedekah beberapa kali sehari. Berinfag ke masjid. Memberi hidangan buka puasa, menyiapkan infag, sedekah khusus untuk pada malam yang diharapkan sebagai lailatul qadr, serta menyiapkan zakat fitri di akhir Ramadhan.
  8. Mengamalkan amal-amal hati secara terus menerus siang dan malam, terutama: iman, ikhlas, syukur, sabar, tawakkal, cinta, takut, taubat, rindu syurga, bahagia dengan amal.
  9. Menegakkan kewajiban da’wah setiap hari, minimal di media sosial, dalam durasi waktu yang singkat. Menegakkan pendidikan yang lebih sungguh sungguh kepada Isteri/Suami dan Anak, untuk meningkatkan amal ibadah dan akhlak mulia setiap hari.
  10. Meluangkan waktu untuk tafakkur minimal pada setiap waktu shalat lima waktu, shalat tarawih, shalat tahajjud, shalat duha, menjelang berbuka puasa, menjelang subuh, tafakkur taubat, tafakkur tazkiyatunnafs, tafakkur dzikrul maut, tafakkur mujahadah, tafakkur muhasabah, tafakkur amal-amal hati. Dst.
  11. Bersungguh sungguh menghindari dosa-dosa hati, dosa telinga, dosa mata, dosa pikiran, dosa mulut, dosa tangan, dosa kaki, sepanjang siang dan malam.
  12. Bersungguh sungguh menjaga keikhlasan beramal, khusyu’ beramal, efektifitas beramal, istigamah beramal, menghindari perdebatan dan pembicaraan yang tidak bermanfaat, pekerjaan yang tidak berguna, serta mengusahakan tangis-tangis Imani sendirian, beberapa kali setiap hari.
  13. Beri’tikaf di masjid selama 10 hari 10 malam terakhir dari bulan mulia Ramadhan, semaksimal kemampuan.
  14. Mengamalkan seluruh perencanaan amal harian yang selalu disempurnakan, dalam kerjasama yang baik dalam satu kelompok kecil Mujahadah Ramadhan.

Di kelompok itu ada aktifitas saling mengingatkan, saling memotivasi, saling terbuka, saling peduli, saling mengajar, saling membantu, saling mendo’akan kebaikan. Di kelompok itu ada pengamalan persaudaraan dan hidup berjamaah yang sangat membahagiakan.(Ama Naufal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!