Musrenbang Kabupaten Konawe, Menuju Konawe Mandiri 2045

waktu baca 2 menit

TRIASPOLITIKA.ID : KONAWE : Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025, dan REMBUK Stunting Tingkat Kabupaten Konawe Tahun 2024 pada Selasa, 26 Maret 2024. Musrenbang ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Sekda Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH, serta berbagai instansi dan tokoh masyarakat setempat.

 

 

Penjabat Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, SE, MM menyampaikan bahwa Musrenbang tahun ini memiliki kekhususan karena melibatkan proses perencanaan jangka panjang untuk menentukan arah pembangunan Kabupaten Konawe selama 20 tahun ke depan. Hal ini sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Dalam penyusunan RPJPD 2025-2045, Kabupaten Konawe mengajukan visi untuk menjadi Konawe yang mandiri, maju, dan berkelanjutan, dengan fokus pada sektor pertanian, pariwisata, dan industri yang berkelanjutan. Penyusunan visi ini diharapkan dapat menggambarkan potensi sumber daya yang menjadi sektor unggulan di Kabupaten Konawe.

 

Untuk mewujudkan visi tersebut, Harmin Ramba menyusun konsep pembangunan daerah Kabupaten Konawe ke dalam tiga kluster pengembangan wilayah, yaitu Konawe Timur Laut, Konawe Barat, dan Ibu Kota Konawe sebagai induk pertumbuhan daerah. Dengan strategi ini, diharapkan Kabupaten Konawe dapat menjadi pilar utama dalam mendukung pencapaian tujuan Indonesia Emas 2045.

Selain itu, Harmin Ramba menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan. Dia berkomitmen untuk mengadvokasi kepentingan Kabupaten Konawe di tingkat nasional guna mendapatkan dukungan dan bantuan yang diperlukan untuk pembangunan daerah.

 

“Keberanian untuk dapat mengetuk pintu kementerian guna mendapatkan perhatian dan mempromosikan daerah kita sangat dibutuhkan. Tidak masalah saya menjadi peminta- minta di kementerian. Asalkan demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Konawe akan saya lakukan,” ucap Harmin Ramba.

 

“Dan hasilnya, kurang lebih 6 bulan kepemimpinan saya. Kita telah mendapatkan banyak bantuan dari kementerian terkait, di antaranya ialah kementerian pertanian yang telah memberikan bantuan benih, pupuk dan alsintan kepada petani di Kabupaten Konawe,” lanjut Harmin.

Dengan semangat mewujudkan Konawe sebagai Kota Padi yang mandiri, Musrenbang ini menjadi langkah awal dalam menyusun RKPD tahun 2025 dengan tema ‘Optimalisasi Produksi Pertanian serta Infrastruktur Pelayanan Publik Menuju Konawe Mandiri 2025.’ Hal ini sejalan dengan pentahapan pertama dalam RPJP nasional yang fokus pada pertumbuhan sektor pertanian, industri, dan sektor jasa.

 

Melalui kesatuan tekad dan kerjasama, Kabupaten Konawe berharap dapat mencapai visi dan tujuan pembangunan jangka panjangnya menuju Konawe yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera, tanpa kehilangan identitas budaya lokalnya.

error: Content is protected !!