Minyak Goreng Naik, Disperindag Kolaka Gelar Pasar Murah

waktu baca 3 menit
Minyak Goreng Naik, Disperindag Kolaka Gelar Pasar Murah.(Dekrit)

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar pasar murah di empat kecamatan, pada Selasa (15/3/2022).

Pasar murah digelar dengan melibatkan distributor minyak goreng dari CV. Naga Mas dan PT. Karya Makmur Agung Cemerlang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kolaka, Achiruddin mengatakan, pasar murah dilaksanakan atas kerja sama Kwarcab Pramuka dan Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai eksekutor lapangan.

Kata Achiruddin, dari empat lokasi pasar murah yang digelar, masing-masing eksekutor lapangan bertanggung jawab.

”Palang Merah Indonesia menjadi eksekutor lapangan pasar murah di Kecamatan Kolaka. Sedangkan untuk Kwarcab Pramuka bertanggung jawab pada tiga kecamatan yaitu Kecamatan Latambaga, Wundulako dan Kecamatan Tanggetada,” jelas Kadis Perindag Kolaka.

Kata Achiruddin, kemasan sembako di kecamatan Kolaka juga berbeda dengan paket sembako di tiga kecamatan lainnya.

Untuk di kecamatan Kolaka, satu paket sembako berisi tiga liter minyak goreng, dan satu kilogram terigu dengan harga Rp52 ribu rupiah.

Minyak Goreng Naik, Disperindag Kolaka Gelar Pasar Murah.(Dekrit)

Sedangkan untuk tiga kecamatan seperti Wundulako, Latambanga dan Tanggetada satu paket sembako hanya berisi dua liter minyak goreng dengan harga Rp28 ribu rupiah.

Achiruddin mengatakan, perbedaan kemasan paket sembako antara kecamatan Kolaka dengan tiga kecamatan tersebut, dikarenakan daya beli masyarakat Kolaka lebih tinggi dibanding dengan tiga kecamatan yang dimaksud.

”Selain itu, kebutuhan masyarakat kecamatan Kolaka lebih banyak, dibanding kecamatan Tanggetada, Latambaga dan Wundulako,” katanya.

Achiruddin merinci, untuk stok minyak goreng yang disediakan di kecamatan Kolaka sebanyak 3.000 liter. Sedangkan untuk tiga kecamatan sebanyak 9.000 liter lebih.

Pasar murah digelar sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Kolaka yang sudah satu bulan terjadinya kelangkaan ketersediaan minyak goreng.

Minyak Goreng Naik, Disperindag Kolaka Gelar Pasar Murah.(Dekrit)

Selain itu, pasar murah juga dilakukan untuk menekan dan meminimalisir terjadinya penjualan harga minyak goreng diatas dari harga eceran tertinggi, khususnya pada minyak goreng bersubsidi.

Achiruddin menuturkan, warga yang berhak membeli paket sembako adalah warga yang telah menerima kupon sembako, serta membawa Foto Copy Kartu Keluarga dan Kartu Vaksin Dosis II.

Pasar murah yang dilaksanakan di empat titik itu, dikawal ketat oleh pihak kepolisian Polres Kolaka dan TNI dari Kodim 1412/Kolaka.

Minyak Goreng Naik, Disperindag Kolaka Gelar Pasar Murah.(Dekrit)

Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa mengatakan, selama pelaksanaan Pasar Murah, petugas melaksanakan Pengamanan secara terbuka dan tertutup. Baik dari Pers Polres Kolaka, maupun jajaran Pers Polsek bersama dengan Personel dari TNI.

”Selama kegiatan berlangsung personel dari Polres Kolaka melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan, dengan tetap menggunakan masker dan menghindari kerumunan,” jelas Saiful Mustofa. (Dekrit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!