Ini Motif Dugaan Penipuan CTKL di Morosi

waktu baca 1 menit
Kasat Reskrim Polres Konawe AKP Moch. Jacub Nursagli Kamaru, S.IK.

UNAAHA, TRIASPOLITIKA.ID – Satuan reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Konawe berhasil mengamankan pelaku dugaan penipuan perekrutan Calon Tenaga Kerja Lokal (CTKL) PT VDNI dan OSS.

Pelaku atas nama Awaluddin Lenggo alias Rony warga Kelurahan Anggaberi, Kecamatan Unaaha. Ia di bekuk polisi di kediamannya pada Rabu 27/04/2022 sekitar pukul 17:30 wita.

Hasil pemeriksaan sementara, pelaku berperan sebagi penghubung perekrutan CTKL Morosi. Pelaku bertindak mencatat nama CTKL untuk di kirim ke panitia perekrutan.

” Setelah berkas CTKL di terima, pelaku R ini langsung mintai sejumlah uang dengan nominal bervariasi, mulai Rp. 500 ribu hingga Rp.4,5 juta,” kata Kasat Reskrim Polres Konawe AKP Moch. Jacub Nursagli Kamaru, S.IK.

Namun dalam perjalananya, CTKL yang telah menyerahkan sejumlah uang itu tidak terdaftar saat pengumuman penerima Tenaga Kerja Lokal (TKL) sebagai kru umum di PT VDNI dan OSS.

Merasa di tipu, salah satu korban atas nama Aldi melaporkan dugaan penipuan ke polisi.

Hingga berita ini di terbitkan, pelaku masih menjalani pemeriksaan polisi. Akibat perbuatanya polisi menerapkan pasal 378 KUHP Pidana dan atau 372 KUHP jo pasal 55 KUHP atau pasal 56 KUHP dengan ancaman 8 tahun.

 

Reporter : Utha

error: Content is protected !!