Ini Alasan LSM tidak Berpihak ke Masyarakat saat RDP

waktu baca 2 menit
Ketua Gaki Kolaka Haerudin (kiri) bersama Ketua Laki Kolaka Mardin (kanan). | A. Jamal / Triaspolitika.id

KOLAKA, TP – Seperti yang diberitakan sebelumnya, dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yaitu LSM Gerakan Anti Korupsi Indonesia (Gaki) dan LSM Lembaga Anti Korupsi Indonesia (Laki) Kolaka dinilai tidak berpihak kepada masyarakat saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait penutupan jalan yang dilakukan oleh Kepala Desa Mataousu pada Senin (25/1/2021) kemarin.

Menyikapi hal tersebut Ketua LSM Gaki Kolaka, Haerudin mengatakan, alasan LSM tidak berpihak kepada masyarakat saat RDP jilid II dikarenakan dua hal.

“Alasan kami tidak berpihak yaitu, berdasarkan hasil investigasi kami di lapangan tidak sesuai apa yang disampaikan masyarakat. Bahwasanya ada anggaran yang pernah digunakan di jalan tersebut. Setelah kami lakukan investigasi di lapangan ternyata tidak ada,” kata Haerudin pada triaspolitika.id Selasa, (26/1/2021).

Selain itu, kata Haerudin pihaknya juga merasa dikecilkan oleh masyarakat yang sempat ia kawal di RDP pertama.

“Kami juga kecewa pada masyarakat saat RDP jilid II. Mereka terkesan tidak menghargai kami yang sudah mengawal mereka sejak di RDP pertama. Mereka mengambil jubir baru yang belum jelas statusnya sebagai apa,” ujar Haerudin.

Haerudin menuturkan, bahwasanya mereka bakal mengawal aspirasi masyarakat hingga tuntas, jika kebenaran memang berada di posisi masyarakat.

Namun sebaliknya, jika aspirasi masyarakat tidak sesuai dengan fakta di lapangan maka pihaknya tetap berpihak kepada yang benar.

Reporter : A. Jamal