oleh

H. AS Tamrin: Pembangunan Baubau Semakin Maju

BAUBAU, TRIASPOLITIKA. ID – Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH saat sidang paripurna istimewa, dalam rangka memperingati hari jadi Kota Baubau yang ke-480 dan HUT Kota Baubau yang ke-20 sebagai daerah otonom di ruang sidang DPRD, Minggu 17 Oktober 2021 mengatakan, melihat, dari segi pembangunan Kota Baubau saat ini semakin maju. Hal itu ditandai dengan capaian pembangunan ekonomi secara makro berdasarkan indikator Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Dari situ terlihat masih dalam kategori baik selama pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 yang lalu.

“Kendati ekonomi kita menurunan sebesar 0,81 persen, karena dampak pandemi covid-19, namun aktivitas ekonomi masih dapat berjalan normal. Adapun tingkat kemiskinan Kota Baubau berada pada angka 7,15 persen tahun 2020 atau mengalami peningkatan sebesar 0,15 persen dari tahun 2019, dibawah Sultra sebesar 11,69 persen dan nasional 10,14 persen serta Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index kota baubau juga cenderung meningkat 75,90 dan itu berada diatas Provinsi Sultra 71,45 dan Nasional 71,94,” urainya.

Hal ini, lanjut Dr. AS Tamrin, membuktikan bahwa intervensi kebijakan pemerintah daerah memberikan pengaruh signifikan terhadap fundamental ekonomi daerah, fiskal kita relatif tetap terjaga covid-19 baik dari dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK) dan pendapatan daerah.

Meski begitu dilain sisi, angka angka pengangguran mengalami peningkatan sebesar 6,57 persen tahun 2020 atau meningkat sebesar 0,73 persen. Tentunya hal itu akan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan serta sektor sektor pembangunan lainnya.

Potensi ini menjadi tolok ukur pembangunan daerah demi mencapai kesejahteraan masyarakat yang nantinya akan menjadi dasar pencapaian visi kota baubau yaitu “mewujudkan Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya”. Dalam upaya mewujudkan visi itu
kota baubau saat ini telah memasuki tahun ketiga dari rencangan pembangunan jangka menengah Kota Baubau tahun 2018-2023.

“Tentunya berbagai kebijakan dan program program prioritas yang akan dilaksanakan bersinergi dalam mewujudkan visi dimaksud. Dengan momentum HUT Kota Baubau ini, Pemerintah Kota Baubau berkomitmen program-program prioritas percepatan pembangunan daerah, kami terus berupaya untuk mendapatkan dan mewujudkan program-program pembangunan nasional di Kota Baubau,” tandasnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini merasa bangga dan memberikan penghargaan yang tulus atas jasa dan pengabdian para tokoh dan pemimpin yang telah berjuang demi Pembangunan Kota baubau.

“Untuk itu saya mengajak seluruh pihak bersama membangun kembali semangat persatuan dan kesatuan dalam melawan pandemi COVID-19 agar masyarakat baubau dapat hidup normal, dan semua pembangunan yang telah direncanakan bisa dituntaskan sesuai harapan,”tutupnya. (Adm)

BERITA PILIHAN