Desain Baru Ujian Praktik SIM C Resmi Berlaku di Satpas Polres Wakatobi

waktu baca 2 menit
Salah satu peserta ujian praktek SIM C di Satpas Polres Wakatobi. Senin (7/8/2023) Foto: Anto/Triaspolitika.id.

WAKATOBI, TRIASPOLITIKA.ID – Uji coba materi baru ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C tanpa angka 8 dan zig-zag resmi berlaku di Satpas Polres Wakatobi hari ini, Senin (7/8/3023).

Kasat Lantas Polres Wakatobi, IPTU Awaluddin, SH menuturkan, desain baru berupa lintasan sirkuit itu mulai berlaku hari ini di Satpas Polres Wakatobi. Ujian Praktik SIM C Angka 8 dan Zig-zag Resmi Diganti Lintasan Sirkuit

“Hari ini diberlakukan di Wakatobi,” kata Kasat Lantas Polres Wakatobi, IPTU Awaluddin, SH. Senin (7/8/2023).

Sebelumnya telah mengungkap desain baru trek ujian praktik SIM C. Perubahan yang terjadi diklaim tetap mengutamakan keselamatan dan keahlian berkendara sepeda motor.

Foto bersama Kasat Lantas Polres Wakatobi,IPTU Awaluddin, SH bersama Instansi terkait saat meninjau sirkuit ujian praktek SIM C yang terbaru. Foto: Anto/ Triaspolitika.id.

“Pada materi baru, ujian praktik SIM C akan dilakukan pada lintasan berbentuk sirkuit yang spesifikasinya telah diperbarui dari versi lama.
Dari denah yang diungkap Kasat Lantas, sirkuit uji praktik SIM C memiliki tiga lintasan lurus dan lima area berbelok, yang satu bagiannya menyerupai huruf S,” ujarnya.

Saat uji praktik dimulai, pemohon SIM C ini akan masuk melalui garis start, lalu keluar dari sisi lainnya setelah menyelesaikan semua tantangan pada sirkuit itu.

Lintasan ini mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zigzag atau slalom tes. Kemudian,uji membentuk angka delapan digantikan dengan uji membentuk huruf S.

“Perubahan ini adalah upaya penyederhanaan ujian, bukan mempermudah calon pemohon SIM C,” pungkasnya.

Reporter: Anto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!