Bupati Konawe Jalin Sinergitas Bidang Hukum Bersama Kajari Konawe

waktu baca 3 menit
Bupati Konawe Jalin Sinergitas Bidang Hukum Bersama Kajari Konawe

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Sinergitas Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe terus terbina dengan baik hingga saat ini.

Sinergitas itu terwujud dalam hal urusan hukum dibidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN). Hal ini, ditandai dalam rapat kerjasamai penanganan permasalahan bidang perdata dan tata usaha negara Kabupaten Konawe, di salah satu resto di kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, pada jumat 8/4/2022.

Dalam sambutannya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang di bacakan Ferdinand Sapan Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe menyampaikan apresiasinya kepada Kejaksaan Negeri Konawe yang telah bersedia melakukan kesepakatan bersama dengan Pemkab Konawe dalam hal kerjasama di bidang hukum perdata dan Tata Usaha Negara.

“Oleh karena itu, saya berharap kiranya hubungan kerja sama yang telah terjalin dengan baik sebelumnya agar dapat terus ditingkatkan,” kata Ferdinand Sapan.

Ketgam: Ferdinand Sapan, sekda Konawe (kiri) bersama Musafir, Kajari Konawe (Kanan) saat penandatanganan MoU

Dengan kerjasama ini , kata dia, jajaran Pemda Konawe dapat lebih memahami persoalan hukum perdata dan tata usaha negara dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Kegiatan seperti sosialisasi bersama, pendampingan pengelolaan pajak di Kabupaten Konawe dan penegakan yustisi, perlu melibatkan kejaksaan Negeri Konawe, sehingga tata kelola pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Konawe menjadi lebih baik dan berjalan sesuai koridor yang di harapkan pemerintah.”terang Ferdinand.

Selain itu harap Ferdinand dengan kegiatan ini Aparatur Sipil Negara lingkup Pemda Konawe, dapat memahami regulasi hukum dari tingkat bawah hingga atas.

Bupati Konawe Jalin Sinergitas Bidang Hukum Bersama Kajari Konawe

“Selain dari itu camat, lurah, dan kepala desa, diharapkan lebih memahami payung hukum, agar dapat mejelaskan kapada masyarakat terkait setiap permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Konawe Dr. Musafir, S.H, S.Pd, M.H mengungkapkan tujuan penandatanganan piagam kerja sama ini untuk meningkatkan kembali sinergitas antara kejaksaan dan pemda konawe.

“Pada kesempatan hari ini, perlu saya sampaikan bahwa penandatanganan kerja sama ini jangan dijadikan alat untuk menutupi perbuatan yang mengarah kepada perbuatan melawan hukum. Namun, harus dijadikan sebagai alat kontrol dalam permintaan bantuan hukum maupun dalam melakukan pendampingan hukum,” kata Musafir.

Lebih lanjut, Kajari Konawe menerangkan dalam melaksanakan Surat Kuasa Khusus (SKK) Litigasi maupun Non Litigasi, sejalan dengan perintah Jaksa Agung guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Bupati Konawe Jalin Sinergitas Bidang Hukum Bersama Kajari Konawe

Selain itu, juga menjadi tugas dari kantor Jaksa Pengacara Negara (JPN) selaku mitra pemerintah daerah untuk memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya di Kabupaten Konawe.

“Demikian yang perlu disampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, semoga penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani dapat diimplementasikan dan ditindaklanjuti dengan Surat Kuasa Khusus sebagaimana yang kita harapkan,” pungkas Kajari Konawe.

Dalam acara ini, langsung dilakukan penandatanganan nota kerjasama atau MoU antara Pemda Konawe dan Kejari Konawe perihal kerjasama bidang hukum perdata dan tata usaha negara (TUN).ADV

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!