Bupati Haliana Resmi Buka Tarkam, Ini Pesannya

waktu baca 2 menit

WAKATOBI, TRIASPOLITIKA.ID – Bupati Kabupaten Wakatobi, H. Haliana resmi membuka lomba antar kampung (Tarkam) di tandai dengan pukulan beduk di lapangan Merdeka Wangi-Wangi pada Jum’at (31/5/2024) sekitar pukul 16.35 Wita.

Bupati Wakatobi, H.Haliana menyebut lomba Tarkam merupakan wujud semangat kebersamaan, sportifitas serta membangun olahraga di Wakatobi

“Saya berharap lewat lomba ini kita dapat menemukan bakat-bakat baru, nantinya bisa berkompetisi diajang lebih besar baik tingkat propinsi maupun nasional,” ujarnya.

Para peserta lomba diminta bisa sportif. Dan terpenting mampu saling menghargai antara sesama bagi yang menang maupun yang dinyatakan kalah sebab Wakatobi diuji dan pertama lomba Tarkam tersebut.

“Semoga kita dipercayakan kembali sebagai pelaksana kegiatan, tentu Pemda siap untuk menyukseskan,” tambahnya.

Kata dia, lewat diskusi bersama Asdep,
Wakatobi berpeluang melaksanakan Tarkam tahun-tahun mendatang. Bahkan ada pembahasan MoU antara Kemenpora dan Kemendes RI akan menggandeng daerah-daerah berpeluang. Selain dianggarkan Kemenpora juga sebagian anggarannya akan di topang lewat dana desa.

“Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga serta panitia terkait agar pelaporan kegiatan dilaksakanakan dengan sebaik-baiknya dan transparan baik sumber anggaran dari Kemenpora dan anggaran daerah,” harapnya.

Hal ini guna meyakinkan Kemenpora bahwa Wakatobi layak dipercaya kembali melaksanakan kegiatan Tarkam khususnya di Dinas Pemuda dan Olahraga setempat.

Asdep, Dr.Yuslan bahkan menekankan tujuan utama dari pembudayaan olahraga masyarakat melalui pertandingan Tarkam bukanlah semata-mata meraih juara melainkan meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat.

“Bermainlah dengan hati yang senang, jiwa sportif, tunjukkan kemampuan, dan patuhi segala peraturan yang telah disepakati,” ucapnya.

Dari 75 kabupaten dan kota terpilih. Sulawesi Tenggara(Sultra), Wakatobi menjadi Kabupaten ke- 4 turut berandil menjadi pelaksana kegiatan. Wakatobi pertama kali dimasa pemerintahan duet H.Haliana – Ilmiati Daud.

Secara teknis lomba serta jumlah peserta dijelaskan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Harusa dalam laporan kepanitiannya.

Kata dia, kejuaraan Tarkam tahun ini, telah terdaftar peserta diikuti oleh 8 kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 540 orang dengan rincian diantaranya, bulutangkis diikuti 40 orang putra/putri, disusul lomba bola Voli dengan 84 orang peserta putra dan putri

“Senam ada 42 orang putri serta lomba lari, untuk umum ada sebanyak 344 orang, putra danputri serta peserta master sebanyak 30 orang, putra dan putri,” pungkasnya.

Unsur perwakilan Forkopimda turut hadir, diantaranya Wakapolres Wakatobi, Kompol. Surahman Hamu, Sekwan, Ikhwan dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemda Wakatobi.

Reporter: Anto

error: Content is protected !!