oleh

Bersama Masyarakat, Pemerintah Gelar Baksos di Dawi-dawi

-KOLAKA-70 views

KOLAKA, TP – Masyarakat Kelurahan Dawi-dawi, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, melaksanakan Bakti sosial (Baksos) dengan cara melakukan bersih-bersih drainase disekitar wilayah tersebut, Sabtu (9/01/2021).

Kegiatan membersihkan sampah disekitar mulut drainase itu, guna mengantisipasi meluapnya kotoran yang kerap menyumbat saluaran air disekitar drainase warga. Pantauan triaspolitika.id Kegiatan yang dipandu Lurah Dawi-dawi Rachmat Hidayat tersebut nampak antusias membersihkan sampah plastik serta kayu-kayu yang selama ini kerap menyumbat saluran air dimusim penghujan.

Lurah Dawi-dawi Rachmat Hidat mengatakan, kegiatan membersihkan sampah secara gotong royong sebenarnya merupakan cambuk kecil untuk masyarakat yang mengabaikan pembersihan drainase saat sampah mulai menumpuk di halaman rumah.

”Sampah kerap menyumbat saluran air drainase sehingga menyebabkan air meluap hingga kepemukiman warga. Utamanya ini saat musim penghujan tiba. Sampahnya juga asalnya dari kita sendiri yang lalai,” ujar Rachmat Hidat, Lurah Dawi-dawi, Sabtu (9/01/2021).

Kegiatan bakti sosial kata Rahmat, akan terus dilakukan, hal itu guna menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari tumpukan sampah.

”Sebab kalau bukan kita yang menyadari diri sendiri, siapa lagi yang mau kita harap. Pemerintah membangunkan kita drainase agar ketika musim penghujan tiba, pemukiman warga tetap terjaga dari dampak meluapnya air,” terang Lurah Dawi-dawi.

Untuk itu Rahmat berterima kasih kepada masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam membersihkan sampah di dalam drinase.

Kegiatan tersebut kata Rahmat, bakal menjadi program rutin setiap hari Babtu. ”Kita berharap kegiatan bakti sosial bisa memotori masyarakat hidup bersih, masyarakat luas khususnya di Kelurahan Dawi-dawi.

Reporter : A. jamal

Komentar

BERITA PILIHAN